Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/11/2012, 08:31 WIB

KOMPAS.com - Pilihan warna make up yang lebih bervariasi, ditambah kualitas bahan yang memaksimalkan hasil riasan, memudahkan perempuan untuk merias wajah dengan ragam gaya penampilan. Sepuluh kosmetik andalan The Body Shop yang terpilih untuk merias wajah model dalam ajang mode Jakarta Fashion Week 2013, memenuhi kebutuhan riasan wajah perempuan bahkan menjadikannya lebih maksimal.

"Selama ini orang tahu The Body Shop hanya sebagai make up natural, padahal bisa untuk show. Selama tiga tahun, The Body Shop juga mendukung JFW dan menggunakan make up-nya untuk kebutuhan panggung fashion," jelas Ilya Kamelia, Group Selling Consultans Development Manager The Body Shop Indonesia. di sela demo make up di Function Room Jakarta Fashion Week 2013 di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Ilya, keragaman warna make up memberikan pilihan gaya penampilan yang berbeda sesuai kebutuhan. Dengan 10 make up andalan JFW 2013 ini, Ilya mengatakan, perempuan bisa mengeksplorasi lima gaya riasan.

"Sepuluh make up terbaik ini bisa untuk lima look: daily look untuk ke kantor, dating look untuk kencan, party look, jetset look, dan red carpet look," jelasnya.

Bahkan menurut Ilya, beberapa make up juga bisa mendukung perempuan yang ingin tetap tampil cantik saat beraktivitas yang berhubungan dengan air. "Beberapa make up waterproof bisa diaplikasikan saat berenang, diving, atau bagi ibu yang ingin tampil cantik saat menemani anak bermain di wahana permainan air," tambahnya. Menurutnya, banyak perempuan yang memerlukan make up waterproof untuk menunjang penampilannya, baik untuk kebutuhan profesional mau pun personal.

Bahan alami dan teknologi

Untuk memberikan lima look riasan wajah dengan hasil maksimal, The Body Shop mengandalkan bahan alami dalam penciptaan kosmetiknya, dengan bantuan teknologi Cold-pressed, terutama pada make up base. Metode pressing dikombinasikan dengan Ultra Pure Micronised Pigment menghasilkan make up base yang memiliki tekstur halus, mudah membaur, tidak berminyak dengan tampilan lebih natural dan merata.

Sementara untuk pemilihan bahan dasar pembuatan kosmetik, olive oil dan marula oil menjadi andalannya. Tak hanya mengambil dari alam, penciptaan kosmetik juga memerhatikan pemberdayaan dan perdagangan yang adil berbasis komunitas. Misal, untuk marula oil dengan kandungan vitamin E tinggi dan asam oleat (dari inti biji minyak marula), The Body Shop mendapatkannya dari Eudafano Women's Co-operative, program Community Fair Trade dari Namibia, sejaligus membantu 5.000 perempuan Namibia untuk bisa mandiri memberdayakan dirinya. Marula oil dipilih sebagai salah satu bahan dasar kosmetik karena mampu merawat kelembaban, kesehatan kulit serta menjaga kulit dari kerusakan akibat radikan bebas.

Tak hanya mengandalkan teknologi dan bahan alami, seluruh make up juga diciptakan dengan nilai kebaikan sekaligus mendukung kampanye global Cruelty Free. Faktanya, make up The Body Shop tidak diujicobakan pada binatang. Mempelopori gerakan antipercobaan pada binatang, The Body Shop tidak menggunakan bagian tubuh dari binatang, seperti cangkang kepik untuk pewarna lipstik, bulu binatang untuk kuas kosmetik, juga cangkang kerang yang kerap dipakai produsen kosmetik untuk membuat shimmer.

Sepuluh make up yang memberikan hasil riasan maksimal di antaranya: All-in-One Face Base, Shimmer Waves, Shimmer Cubes, Brow and Liner Kit, Liquid Eyeliner, Big and Curvy Mascara, Lip and Cheek Stain, Lip Scuff, Colorglide Lip Color, Retractable Blusher Blush.

Riasan maksimal
Untuk mendapatkan hasil riasan wajah maksimal, Ilya menyarankan pilih kosmetik sesuai kebutuhan dan gaya penampilan. Selain juga memerhatikan bentuk wajah, warna dan jenis kulit, sehingga riasan meresap sempurna namun tetap terlihat natural tidak berlebihan.

Ilya menyarankan untuk penampilan ke kantor misalnya, gunakan All-in-One Base. Kosmetik tanpa pengharum yang teruji secara dermatologis ini menggabungkan foundation dan bedak dalam satu kemasan.

Ilya menambahkan, selain memilih kosmetik yang tepat, cara pemakaian juga memengaruhi tujuan riasan termasuk pemilihan peralatan make up. Misalnya, untuk All-in-One Base, Anda bisa memilih lima varian warna sesuai dengan warna kulit. Sementara untuk mendapatkan hasil maksimal, aplikasikan make up ini dengan spons kering jika menginginkan tampilan akhir matte ringan. Jika Anda ingin hasil akhir lebih tebal gunakan spons yang lebih lembab.

"Hasil riasan yang maksimal juga bisa didapatkan tanpa perlu mengaplikasikan make up berkali-kali. Setelah 15 menit pemakaian, make up akan meresap dan warnanya keluar meski pada awalnya masih terlihat sangat natural," sarannya.

Pentingnya make up base
Agar riasan wajah lebih sempurna, perhatikan juga pemilihan dan pemakaian make up base Anda. The Body Shop melihat kebutuhan ini, dengan menciptakan rangkaian Extra Virgin Minerals Foundation terdiri dari: Extra Virgin Minerals Cream Compact Foundation, Extra Virgin Minerals Liquid Foundation, Extra Virgin Minerals Loose Powder Foundation, Moisture Foundation, Oil Free Balancing Foundation, selain All-in-One Face Base yang juga mengandung foundation. Berbagai jenis foundation ini juga dilengkapi SPF 15 hingga SPF 30.

Ilya menjelaskan secara umum rangkaian foundation ini terbagi tiga kelompok yakni compact, liquid, dan powder. "Semua foundation ini sebenarnya bisa untuk semua jenis kulit, yang penting diikuti perawatan dan pembersihan wajah yang baik. Cara pemakaian dan pemilihan alat make up juga penting," paparnya.

Untuk foundation jenis compact misalnya, bisa digunakan untuk Anda yang memiliki kulit berjerawat. "Tepuk-tepuk compact foundation untuk menutup jerawat. Setelah memakai make up bersihkan wajah dengan baik dan benar," jelasnya.

Ilya menyarankan untuk penggunaan foundation jenis powder sebaiknya gunakan kuas khusus agar hasilnya lebih natural. Bisanya foundation bubuk ini digemari oleh mereka yang menginginkan penampilan natural. Sementara mereka yang suka tampil dengan riasan glowing namun tetap ringan, liquid foundation menjadi pilihannya.

Agar riasan lebih maksimal, Anda bisa mengaplikasikan foundation sesuai dengan jenis kulit dan hasil akhir yang diinginkan. Untuk kulit normal, Anda punya lebih banyak pilihan. Jika menginginkan hasil riasan matte bisa menggunakan liquid atau compact/powder. Sementara jika ingin hasilnya segar natural, pilih liquid.

Sementara untuk kulit kering, compact/powder bisa menghasilkan riasan matte dan liquid yang mengandung pelembab  (marula oil) untuk menghasilkan riasan segar natural.

Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, pilih oil free liquid foundation untuk hasil riasan matte. Hasil riasan matte juga bisa Anda dapatkan dari foundation powder atau compact dengan aplikasi yang tepat. Sementara jika lebih suka tampil segar natural, pilih Extra Virgin Mineral Liquid Foundation.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com