Minggu, 21 Desember 2014
Jakarta Fashion Week 2013
Pemenang Lomba Perancang Aksesori 2012
Senin, 12 November 2012 | 17:36 WIB
|
Share:
ALLURE

Sepatu merupakan salah satu bagian aksesori yang berfungsi untuk menunjang tampilan sempurna

KOMPAS.com - Dunia fashion tak bisa dilepaskan dari sentuhan aksesori. Sama seperti merancang busana, merancang aksesori juga membutuhkan kreativitas tersendiri. Untuk mencari desainer aksesori baru yang berbakat di seluruh Indonesia, Femina Group menggelar Lomba Perancang Aksesori 2012 (LPA 2012) sebagai bagian dari perhelatan Jakarta Fashion Week 2013 (JFW 2013).

Tema yang diusung LPA kali ini adalah "Urban Nomad". Konsep desain ini mengutamakan rancangan yang relevan dengan gaya hidup kaum urban, memiliki mobilitas tinggi, modern, dan praktis. Desain aksesori urban ini juga didasarkan pada pengaruh budaya lokal maupun internasional. Ada tiga kategori aksesori yang dilombakan, yaitu perhiasan (costume jewelry), tas, dan sepatu.

Setelah melakukan road show ke beberapa kampus, terdapat sekitar 412 formulir dan desain yang terdaftar. Dari 412 peserta kemudian dipilih 36 semifinalis, yang kemudian disaring lagi menjadi 15 finalis untuk tiga kategori.

Pada Oktober lalu, dewan juri yang terdiri atas Yongki Komaladi (perancang dan pengusaha sepatu), Rinaldy A. Yunardi (perancang aksesori), Erica Wiradinata (desainer dan pengusaha tas), Diaz Parzada (Creative Director JFW 2013), dan Astrid Ariani Wijana (Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia), menetapkan empat pemenang lomba adu kreativitas ini. Kriteria penilaian didasarkan pada kreativitas, orisinalitas, konsep yang kuat, penguasaan materi, daya pakai, daya jual, dan eksekusi karya yang baik.

Keempat pemenang adalah Yanthi Hastuti dengan desain bertema "Statement Rattan" (perhiasan), Emiliana "Change Me Shoes" (sepatu), Suheni Estuningyah "Soelam" (tas), dan Anastasia Chitrahadi "Cubism" (penghargaan khusus dari Mazda, dan pemenang favorit berdasarkan pengumpulan suara dari SMS).

Selain uang tunai, para pemenang juga mendapatkan penghargaan khusus. Karya-karya mereka akan dipamerkan di JFW dalam bentuk eksibisi multimedia, serta dipamerkan di ajang Bangkok International Fashion Fair and Bangkok International Leather Fair (BIFF&BIL) 2013 mendatang.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
Dini
BERITA LAIN: