Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2012, 13:47 WIB

KOMPAS.com –  Semakin lama biaya hidup semakin tinggi. Sebut saja biaya kebutuhan sehari-hari, biaya kesehatan hingga pendidikan. Menjadi seorang yang serba bisa dan cerdas mengatur keuangan sekarang ini adalah tuntutan yang sesuai dengan jamannya.

Dengan tingginya biaya hidup, tak heran menabung atau investasi menjadi hal yang sulit dilakukan. Bahkan tak jarang, uang sudah habis sebelum gajian. Penghematan bukan hal yang mudah dilakukan, tetapi bukan pula hal yang mustahil. Ada langkah kecil yang bisa diambil serta berdampak besar pada pengeluaran bulanan Anda.

Baca juga:  5 Cara Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

1. Tagihan listrik
Kurangi penggunaan pendingin udara Anda.Terutama jika tak ada orang di kamar. Jika Anda mulai biasa dengan mematikan lampu jika ruangan tak digunakan, berlakukan hal serupa pada AC. Beberapa orang suka menyalakannya AC sebelum masuk ke kamar untuk tidur, dengan alasan mendinginkan ruangan sebelum digunakan. Hentikan kebiasaan ini! Cara lainnya dalam menghemat adalah dengan memilih menggunakan kipas angin terutama saat cuaca dingin seperti musim hujan untuk mengurangi konsumsi energi.

Baca juga: Langkah Mudah Hemat Energi di Rumah

Selain AC penyedot listrik yang banyak adalah mesin cuci. Sebaiknya Anda mulai mengurangi hari mencuci, jangan lakukan setiap hari. Menggunakan mesin cuci hanya seminggu dua atau tiga kali akan membantu menghemat banyak uang. Cucilah pakaian pagi hari, jadi Anda punya banyak matahari untuk mengeringkannya. Tinggal di daerah tropis dengan matahari terik seperti Indonesia, mesin pengering rasanya tak perlu digunakan setiap saat.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Mencuci Pakaian?

Tak ketinggalan selalu matikan peralatan yang tidak digunakan. Termasuk hanya mengisi ponsel dan laptop Anda ketika baterai sudah hampir habis. Hal ini juga membantu menjaga konsumsi energi pada jumlah minimal.

2. Telepon seluler
Gunakan layanan ponsel termurah di daerah Anda. Pastikan Anda tidak membayar beragam biaya tambahan. Banyak operator menawarkan fitur yang sebenarnya tidak Anda perlukan. Berhentilah berlangganan untuk semua paket tersebut. Cara lainnya Jangan menggunakan GPRS jika Anda bisa menggunakan Wi-Fi atau internet dari PC. Jika Anda berada di rumah, gunakan Skype, BBM, Whats App daripada menelpon.

3. Menggunakan "single provider"
Ada banyak perusahaan yang menawarkan internet, telepon dan layanan kabel semua dalam satu paket dengan harga diskon. Cobalah opsi ini daripada menggunakan penyedia layanan yang berbeda. Hal ini dapat menghemat biaya hingga 20 persen.

4. Hentikan kebiasaan "window shopping"
Batasi perjalanan Anda ke pasar, mall atau pusat perbelanjaan lainnya. Mulai hentikan kegiatan window shopping Anda. Usahakan hanya mengunjungi pusat perbelanjaan jika Anda benar-benar membutuhkan sesuatu. Melakukan aktifitas window shopping sering kali menjebak Anda membeli sesuatu yang tidak dibutuhkan.

5. Kartu kredit
Usahakan selalu mengunakan uang tunai, gunakan untuk membayar setiap pengeluaran Anda. Dengan begitu Anda akan menghemat 2.5 persen  pajak dari kartu kredit yang Anda gunakan. Kalaupun harus menggunakan kartu kredit pilih yang memberikan poin reward. Batasi kartu hanya satu bank untuk menghemat biaya tahunan.

Selain 5 cara yang disebutkan di atas, banyak langkah-langkah lain untuk menurunkan anggaran Anda. Kurangi makan di luar serta jangan membeli makanan saat kulkas masih penuh bahan makanan. Langkah lainnya tidak perlu berlangganan koneksi internet kecepatan tinggi di rumah bila Anda bukan pekerja lepas. Nah, mengurangi beberapa kemewahan dalam hidup Anda adalah kunci untuk memangkas pengeluaran setiap bulan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com