Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2012, 11:41 WIB

SEOUL, KOREA SELATAN, KOMPAS.com - Begitu mendengar kata Gangnam, mungkin pikiran Anda akan langsung berpikiran tentang lagu "Gangnam Style" yang dinyanyikan oleh PSY. Tapi seperti apa sih distrik ini sebenarnya? Sebenarnya Gangnam adalah nama sebuah distrik atau daerah di Seoul, Korea Selatan yang biasa disebut sebagai Gangnam-gu. Gangnam sendiri memiliki arti daerah di selatan sungai Han. Dan kota ini merupakan wilayah yang disebut sebagai kota baru.

Distrik ini adalah distrik ketiga terluas setelah Seocho-gu dan Gangseo-gu. Gangnam memiliki luas daerah sekitar 39.55 km persegi. Namun, distrik ini memiliki populasi penduduk sekitar 556.964 jiwa dan menempati posisi keempat terbanyak di Seoul.

Wilayah Kaum Jutawan
Saat berkunjung ke Korea Selatan, rasanya wilayah ini sangat sayang untuk dilewatkan. Selain daerah ini tengah naik daun, daerah ini juga memiliki banyak sudut yang menarik untuk dikunjungi. Setelah melintasi sungai terbesar di Korea dan memasuki wilayah Gangnam, Anda bisa melihat jajaran toko-toko yang memajang ratusan benda-benda bermerk internasional.

Sebagian besar gerai ini memberi banyak pilihan untuk memanjakan mata untuk belanja kebutuhan fashion, kosmetik dan lifestyle, sebut saja Michael Kors, Luis Vuitton,Gucci, Dolce Gabana, Prada, Giorgio Armani, Banana Republic dan berbagai label fashion dunia lainnya. Selain outlet fashion label dunia, distrik ini juga memiliki banyak mall premium super mewah seperti COEX. Selain menjadi surga fashion berkelas, distrik ini dikenal sebagai pusatnya kehidupan malam yang glamor dan super mewah.

gang1

Tak heran, distrik ini memang merupakan pusat wilayah yang memiliki tingkat ekonomi tinggi karena di kawasan ini juga menjadi pusat berdirinya berbagai perusahaan besar yaitu Samsung, Hyundai, IBM, dan Google. Di kawasan elit ini juga berdiri perusahaan manajemen K-Pop seperti SM Entertaiment (perusahaan yang menaungi BoA, Super Junior, SNSD, dan lain-lain) dan JYP Entertaiment.

Sebagian besar orang-orang yang tinggal di wilayah ini adalah kaum jutawan Korea, sehingga wilayah ini identik dengan wilayahnya kaum jutawan Korea. Tak hanya kaum jutawan, politikus dan artis-artis Korea seperti Jang Dong Gun, Park Joon Hoon dan Ahn Sung Gi, Shin Hyun Joon, Yoon Tae Young dan Im Yoo Jin, sampai PSY. Kawasan ini bahkan dinobatkan sebagai Beverly Hills-nya Korea.

Akan tetapi, di balik kehidupan glamor Gangnam, sebagai seorang pelancong pasti Anda akan terpesona dengan keindahan tata kota, kebersihan, serta kelap-kelip lampu billboard dan neonsign  yang menghiasi malam.

Pusat Operasi Plastik Terbaik
Tingkat ekonomi yang tinggi tak hanya membuat penduduk di Gangnam menghabiskan uangnya untuk berbelanja barang bermerk. Selain belanja, mereka juga banyak menggunakan uangnya untuk mempercantik penampilan mereka. "Tuntutan akan penampilan yang tinggi membuat para perempuan bersaing untuk memiliki bentuk wajah yang paling sempurna," ungkap Dr MJ Kim kepada Kompas Female saat "Restylane Korea Beauty Trip" di Rejuve Dermatology, Busan, Korea Selatan.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa perempuan Korea banyak melakukan operasi plastik untuk mempercantik wajahnya. Ditambahkan Kim, bagian yang paling sering diubah adalah hidung agar lebih mancung dan mata agar terlihat lebih besar. Hampir seluruh wilayah di Korea Selatan banyak tersebar klinik kecantikan untuk melakukan prosedur ini. Namun, daerah yang dianggap memiliki kualitas dan prosedur operasi plastik yang paling baik.

Baca juga: Perempuan Korea Mendamba Wajah Eropa

Sebagai daerah kaum jutawan, wajar saja jika teknologi dan peralatan yang digunakannya merupakan teknologi terbaru di tangan para dokter terbaik. Namun, Anda harus membayarnya dengan harga yang lebih tinggi. Salah satu klinik kecantikan yang banyak diminati public figure Korea adalah Modelo Clinic, dan Navi Plastic Surgery yang keduanya berada di wilayah Gangnam.

"Di sekitar Gangnam ini sudah banyak berdiri klinik kecantikan untuk operasi plastik ataupun melakukan filler dan botox. Ada sekitar 500 klinik kecantikan yang ada di sini," jelas Dr Dr Moon Hyoung Jin dari Navy Plastic Surgery, Gangnam, Seoul. Bahkan saking terkenalnya, kualitas serta kemampuan para dokternya untuk membuat wajah lebih sempurna, peminat operasi plastik ini tidak hanya dari wilayah Korea saja, tapi juga dari negara lain seperti Thailand, Singapura, dan juga Indonesia.

Baca juga: Kenapa Perempuan Korea Terobsesi Operasi Plastik

 gang2

 FOTO-FOTO : KOMPAS.COM/ CHRISTINA ANDHIKA SETYANTI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com