Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2012, 07:58 WIB

T:
Saya ingin sekali berwirausaha, namun terkadang rasa ragu selalu menghambat langkah saya. Apa yang harus saya lakukan agar rasa ragu itu tidak mengganggu tekad saya untuk berwirausaha? (Futri Puspita, 18)

J:
Rasa ragu yang umum menghinggapi banyak orang yang ingin berwirausaha  atau berbisnis, umumnya disebabkan oleh tiga hal: takut rugi, tidak tahu mau berbisnis apa, dan tidak memiliki akses terhadap modal.

Anda juga perlu tahu apakah diri Anda memang siap untuk menghadapi seluruh tantangan, dan tentu saja mendapatkan hal-hal yang menyenangkan dengan berbisnis. Berikut ini adalah hal-hal menyenangkan yang mungkin dapat memotivasi Anda untuk mulai berbisnis.

1. Anda tidak akan pernah merasa bosan. Dengan berwirausaha, percayalah setiap hari tidak pernah sama. Anda akan menghadapi tantangan yang berbeda dari proyek ke proyek.

2. Anda yang menentukan waktu kerja. Jika bisnis ini menuntut Anda untuk bekerja keras dan lebih lama, Anda yang akan merasakan keuntungan (berbeda kalau Anda berstatus sebagai karyawan).

3.  Anda bisa menyesuaikan pekerjaan dengan kehidupan Anda. Dengan memiliki bisnis sendiri, Anda pun punya fleksibilitas lebih untuk mengatur waktu bekerja dan waktu untuk kehidupan sosial Anda. Namun, bukan berarti Anda jadi kerja santai-santai (bahkan menurut saya, sebagai pebisnis Anda akan bekerja lebih ekstra). Hanya saja, Anda masih bisa menyelipkan waktu untuk mengasuh anak, misalnya 1-2 jam di tengah waktu kerja Anda.

Punya bisnis tidak boleh takut rugi, tapi bukan artinya Anda mau terima rugi begitu saja. Untuk mengurangi resiko bisnis merugi, Anda harus membuat rencana bisnis sederhana. Rencana bisnis ini terdiri atas informasi mengenai produk atau jasa yang Anda jual, bagaimana cara menjualnya, siapa pangsa pasarnya, seperti apa strategi harganya, dan juga proyeksi keuangannya. Dengan demikian, Anda akan lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan, terutama yang berkaitan dengan hal finansial.

Bisnis bisa dimulai dengan mengerjakan suatu kegiatan yang memang Anda minati, misalnya hobi. Berawal dari hobi kemudian menjadi uang. Setelah itu Anda tinggal kreatif dan terus mencari inovasi agar bisnis dapat terus berjalan lancar. Saya juga sangat menganjurkan Anda ikut organisasi perempuan pebisnis seperti IWAPI, yang dapat membantu Anda bertukar pikiran dengan sesama pengusaha lain.

Untuk akses terhadap modal, ada beberapa bisnis yang tidak membutuhkan modal kerja diawal. Namun, jika Anda tetap butuh modal, coba kumpulkan dulu dari saldo uang yang tidak terpakai. Berutang baru boleh dilakukan apabila bisnis telah berjalan setidaknya 12 bulan ya. Selamat memulai bisnis.

Live a Beautiful Life,
Prita Ghozie (Twitter @PritaGhozie)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com