Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2012, 18:25 WIB

KOMPAS.com -  Karena warna-warninya yang cantik, biasanya Anda akan menyimpan beberapa botol kuteks dengan berbagai variasi warna di rumah. Namun, jangan asal menyimpan kuteks. Cara penyimpanan yang kurang tepat bisa membuat cat kuku jadi kering ataupun terpisah cairannya. Untuk menghindari kerusakan pada cat kuku, perhatikan cara menyimpan kuteks yang benar.

1. Simpan di lemari es
Untuk menghindari cat kuku mengering ataupun terpisah cairannya, simpan saja cat kuku ini di dalam lemari es. Suhu dingin akan membantu menjaga kelembaban cat kuku. Namun, batas waktu penyimpanan dalam lemari es ini hanya sebulan. Jika terlalu lama disimpan dalam suhu dingin, cat kuku akan terpisah dan membeku sehingga tidak bisa digunakan lagi.

2. Simpan dalam posisi tegak
Biasanya, cat kuku ini disimpan dalam kotak make-up. Namun, agar tetap awet sebaiknya jangan simpan kuteks dalam posisi tidur. Simpan selalu kuteks dalam posisi tegak. Posisi botol yang miring akan membuat cairan warna dan minyak lebih mudah terpisah.

3. Gunakan "petroleum jelly"
Tak bisa dipungkiri, kualitas kuteks juga bisa dilihat dari harganya. Kuteks dengan harga yang cenderung murah biasanya akan lebih cepat rusak dan kering. Untuk mencegah kuteks mengering, oleskan petroleum jelly pada leher botol kemudian tutup sampai rapat. Petroleum jelly akan mencegah udara masuk ke dalam botol.

4. Tambahkan "thinner"
Jika kuteks sudah terlanjut terpisah atau kering, cobalah campurkan beberapa tetes thinner ke dalamnya. Atau, cari produk pengencer cat kuku di toko-toko kosmetik.

5. Gunakan "remover"
Sisa kuteks di leher botol yang sudah mengering membuat botol kuteks sulit dibuka. Agar mudah membuka tutup botolnya, isilah gelas atau cangkir dengan cairan remover kuteks. Kemudian celupkan leher botol selama beberapa menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com