Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2012, 14:08 WIB

KOMPAS.com - Setelah Singapura, Malaysia, dan Thailand, Hennes and Mauritz AB, atau H&M akan segera menambah jaringan tokonya di kawasan Asia Tenggara dengan membuka flagship store di Indonesia. Gerai pertama toko ritel asal Swedia ini akan dibuka di East Mall Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta, tahun 2014. Dengan area seluas 3.945 m2, gerai H&M di Indonesia berarti lebih besar daripada gerai di tiga negara tersebut.

Label high street yang produknya disukai Ibu Negara AS Michelle Obama, juga Kate dan Pippa Middleton ini, memiliki konsep desain "Fashion and Quality at the Best Price". Dengan konsep tersebut, H&M mengombinasikan busana, harga yang bersaing, dan kualitas yang baik dari setiap produknya.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Tessa Natalia Hartono (Chief Executive Officer Grand Indonesia) dan JS Gill (Chief Executive Officer PT Hindo Indonesia, pemegang franchise H&M di Indonesia), di Skye Menara BCA Jakarta, Jumat (30/11/2012) lalu.

"Kami melihat Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial karena merupakan negara keempat terpadat penduduknya di dunia, dengan selera fashion yang sangat baik," papar JS Gill dalam siaran persnya.

Menurut Gill, seperti brand Eropa lainnya, H&M lebih dulu memusatkan perhatiannya di kawasan Eropa sebelum berkembang ke daerah lain di Amerika, Timur Tengah, China, dan beberapa tahun terakhir ini di wilayah Asia lainnya.

Kehadiran H&M tentunya akan melengkapi koleksi fashion brand dunia di Indonesia. "Kami selalu mencari merchant baru yang dapat melengkapi gerai di mall kami, meningkatkan posisi kami di industri ritel, dan yang paling penting dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen kami," tambah Tessa Natalia Hartono.

Tessa yakin, keahlian H&M di bidang industri ritel akan memberikan pengalaman berbelanja dan kepuasan sendiri bagi konsumen Indonesia dari berbagai kalangan usia.

Setiap tahun, H&M melakukan penambahan jumlah gerai sebesar 10 sampai 15 persen. Kini, sudah ada 2.700 gerai yang tersebar di lebih dari 40 negara di empat benua. Dari sisi desain, H&M juga melakukan pengembangan dengan mengundang sejumlah desainer papan atas, seperti Versace, Anna Della Russo, Marni, dan Maison Martin Margiela, untuk merancang lini khusus untuk H&M. Bahkan David Beckham pun memiliki koleksi pakaian dalam pria "David Beckham Bodywear" di H&M, yang nantinya juga akan tersedia di gerai H&M di Indonesia.

Oleh karena itu, Gill menegaskan bahwa tidak tertutup kemungkinan H&M juga akan mencari bakat-bakat potensial dari desainer lokal untuk bekerjasama merancang lini khusus untuk gerai di Indonesia nanti.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com