Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gebrakan Belanja "Online" Tak Sekadar Program Cicilan di "Lojai.com"

Kompas.com - 06/12/2012, 15:26 WIB

KOMPAS.com - Belanja online menggunakan 11-14 pilihan kartu kredit lalu bertransaksi real time online dengan sistem cicilan nol persen, menjadi
inovasi sekaligus pembeda situs e-commerce, Lojai.com. Atas inovasi ini pula, Lojai.com meraih penghargaan rekor MURI pada Oktober 2012.

Rekor MURI untuk kategori "Belanja Online Pertama dengan Fasilitas Cicilan menggunakan Kartu Kredit", didapatkan toko online ini saat memasuki tahun ketiganya dalam memberikan pengalaman belanja yang memanjakan pembeli. Tak berpuas diri dengan program cicilan yang nyatanya digemari, Lojai.com kembali memberikan pengalaman belanja online yang berbeda dengan ragam kejutan dan program baru.

Menurut Agus Tjandra, Founder dan Managing Director Lojai.com, belanja online menggunakan kartu kredit dengan cicilan memang menjadi pembeda utama. Meski begitu selalu ada hal baru yang ditawarkan, untuk membuat toko online milikinya lebih lengkap. Kepuasan pembeli menjadi tujuannya, selain memelihara kepercayaan para pebelanja online.

Selain menyediakan produk yang bervariasi, mulai gadget (terutama smartphone dan tablet), produk fashion untuk wanita, pria juga bayi dan anak, perlengkapan rumah tangga, elektronik, buku bekerjasama dengan toko buku ternama seperti Kinokuniya, otomotif seperti kendaraan bermotor, Lojai.com juga melengkapi layanannya dengan merambah e-commerce di bidang travel.

"Pada 2013, bersama kartu kredit ANZ, Lojai.com akan menggebrak pasar travel. Travel memang menjadi perhatian Lojai.com dan semakin intens di tahun depan. Bersamaan dengan itu, ANZ sendiri memiliki kartu kredit travel. Nantinya akan ada delapan airline yang bergabung dalam program ini. Lojai.com akan menyediakan tiketing real time online, dan menjadi e-commerce airline besar bekerjasama dengan ANZ," jelas Agus saat berbincang dengan Kompas Female di kantor pusat Lojai.com di Grand ITC Permata Hijau, Jakarta, Senin (3/12/2012).

Dengan kepercayaan dari pihak penerbit kartu kredit juga perbankan tak terkecuali kepercayaan pembeli, Agus optimistis toko online miliknya bisa menjadi e-commerce terlengkap yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan. Bukan hal mudah bagi situs e-commerce untuk menyediakan sistem pembayaran komprehensif. Mulai e-banking, e-wallet, transfer bank, mobile payment, virtual account, belasan kartu kredit baik untuk pembayaran penuh maupun
cicilan, dan mesin EDC yang mobile dan bisa digunakan dengan mengombinasikan sistem pembayaran Cash on Delivery.

Kepercayaan dari 14 bank, berdampak pada kepercayaan pembeli untuk bertransaksi di toko online ini. Buktinya, Lojai.com berhasil menjangkau lebih dari 70 kota, dari Jabodetabek hingga Wamena. Dengan transaksi belanja online menggunakan kartu kredit mencapai lebih dari 50 persen.

"Nantinya akan menjadi one stop shopping yang benar-benar lengkap, dengan sistem e-commerce yang baik mengandalkan teknologi canggih. Setelah fokus dengan pengembangan pada 2013, tiga tahun berikutnya bisa tinggal landas, merambah pasar luar negeri dimulai dari tetangga terdekat seperti Brunei yang memiliki kultur serta bahasa melayu yang tak berbeda jauh," tuturnya.

Terobosan

Selain menyediakan tiketing online, pada 2013 Lojai.com juga menawarkan terobosan baru bagi pelanggannya. Yakni menyeleksi pelanggan loyal untuk mendapatkan "Business Card Lojai.com" yang berfungsi sebagai kartu kredit sebagai alat pembayaran belanja online. Jadi, bagi Anda yang mengaku pelanggan setia Lojai.com, bersiaplah mendapatkan kesempatan memiliki kartu ini.

"Dengan kartu ini, pelanggan yang lolos validasi loyalitas terutama dalam hal pembayaran, bisa mengumpulkan poin dan melakukan redemption. Nantinya juga ada harga khusus untuk produk tertentu bagi pemegang kartu ini," jelasnya.

Selain kartu bisnis, terobosan lain yang juga bisa menjadi pilihan belanja adalah sistem pembelian dalam partai besar, misal 10 item, dengan harga lebih murah. "Saat ini juga masih sedang dalam persiapan, pemilihan produk, untuk promo heboh menggunakan kartu kredit ANZ," tambahnya.

Belanja online di Lojai.com menggunakan kartu kredit menjadi pilihan karena rasa aman. Lebih dari 50 persen perempuan yang belanja di toko online ini tentunya punya alasan kuat untuk menggunakan kartu kredit. Agus menjelaskan, sistem e-commerce yang dirancang dengan baik memberikan jaminan keamanan kepada pelanggan. Selain kemudahan yang didapatkan saat berbelanja memberikan pengalaman tersendiri dan membuat orang lebih nyaman berbelanja. Pelayanan terutama saat pengiriman juga punya peran. Tak ketinggalan, teknologi canggih di balik pembayaran dengan kartu kredit, seperti "Secure 3D" yang melindungi pemilik kartu kredit dari penyalahgunaan dengan adanya sistem validasi yang terhubung langsung dengan pemilik melalui pesan singkat.

"Kalau kartu kredit hilang dan ada yang menggunakannya untuk bertransaksi, teknologi ini akan mengirimkan validasi transaksi secara langsung ke pemilik melalui SMS dalam waktu kurang dari satu menit. Pemilik akan menerima pin untuk melakukan validasi dalam kurun waktu tiga menit.

Artinya pemilik bisa menolak transaksi yang dilakukan orang lain itu sehingga kartu kreditnya tetap aman," tutur Agus yang mengklaim, Lojai.com merupakan toko online pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi ini.

Selain faktor keamanan, Lojai.com juga punya daya tarik lain sehingga menjadi pilihan tempat belanja online produk gadget (40 persen), motor berbagai merek dengan pembayaran cicilan (30 persen), fashion (15 persen) dan sisanya berbagai produk lain. Menurut Agus, tampilan website yang menarik, dengan dukungan teknologi canggih memudahkan dan menjadi magnet bagi pembeli.

Agus menyebutkan, jumlah pelanggan loyal yang melakukan transaksi berulang mencapai 49,25 persen, sementara pelanggan baru terus bermunculan porsinya 50,75 persen. Rata-rata belanja per basketnya mencapai Rp 2,5 juta. Menurut data Alexa.com, orang rata-rata mengonsumsi waktu 15-20 menit melihat-lihat toko online ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com