Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2012, 13:05 WIB

KOMPAS.com - Agar lebih percaya diri saat sedang bekerja atau bertemu banyak orang, Anda harus terlihat cantik dan segar. Sentuhan make-up bisa membantu Anda terlihat menarik, segar serta jauh dari lusuh.

Tak semua perempuan nyaman tampil dengan make-up tebal. Nah, riasan tipis, sederhana, praktis dan segar adalah pilihan tepat untuk make-up sehari-hari. Berikut saran berdandan dari make-up artist, Nick Barose.

1. Pilih pelembab bebas minyak yang tepat
Agar kulit tak semakin berminyak, Anda harus memilih pelembab yang oil-free. Pilihlah yang water-base," saran Nick Barose, make-up artist yang menangani selebriti Hollywood seperti Scarlett Johansson, Hilary Duff dan Anne Hathaway. Pelembab yang berminyak akan membuat make-up jadi mudah luntur dan kulit Anda jadi mengkilap.

Setelah menerapkan pelembab, pilihlah warna riasan dengan warna yang hangat dan lembut seperti warna pink atau pastel. Warna ini akan menimbulkan kesan kulit yang sehat dan segar. Namun hindari warna nude atau warna yang nyaris sama dengan warna kulit karena akan membuat kulit jadi pucat.

2. Hindari kantung mata
Mata memang tak bisa bohong. Sedikit kelelahan saja bisa membuat mata tak segar, berkantung, dan lingkaran hitam. Untuk menyamarkan mata lelah, Barose menyarankan untuk mengaplikasikan concealer di bawah mata. Ambil sedikit concealer krim dan beri beberapa titik di bawah mata kemudian oleskan merata.

"Ingat, jangan membubuhkannya terlalu banyak karena akan terlihat sangat putih dan warnanya beda dengan kulit lainnya. Jika terlalu terang bisa terlihat seperti topeng," tambahnya. Agar lebih aman, gunakan warna-warna yang hangat seperti krem dan coklat muda kemudian campur dengan foundation cair baru oleskan ke bawah mata.

3. Sapukan bedak di area "T-zone"
Sebagai sentuhan akhir Barose menyarankan untuk membubuhkan bedak tabur yang ringan. Hanya saja, cukup bubuhkan pada daerah T, "Bedak sebenarnya bisa membuat kulit Anda terlihat kering dan lelah. Jika ingin sentuhan yang segar dan menonjolkan kulit yang segar, aplikasikan hanya di daerah T saja," jelasnya. Aplikasi bedak di daerah T berguna untuk menghindari kulit terlihat berminyak, karena umumnya daerah ini adalah bagian paling berminyak di wajah.

4. Lipstik warna "pink" lembut

Untuk melengkapi riasan segar Anda, tambahkan olesan lipstik warna pink lembut di bibir Anda. "Hindari warna matte yang terlalu nude dan terlalu muda," katanya. Sebaiknya gunakan lipstik yang memiliki efek berkilau dan sedikit basah seperti lip gloss, lip balm, atau lip tint. Selain pink, Anda juga bisa memilih warna plum atau coral yang cantik. Sentuhan terakhir, tambahkan sapuan blush-on berwarna senada dengan lipstik Anda.
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com