Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2012, 12:25 WIB

KOMPAS.com – Dalam membuat kaldu tidak selalu menggunakan daging, ikan atau unggas. Intinya kaldu tak harus berasal dari hewan.  Kaldu yang terbuat dari sayuran pun tak kalah lezatnya.  Selain kaldu jamur yang terkenal di antara kaum vegan,  Anda bisa membuat kaldu dari beberapa jenis sayuran yang direbus bersamaan.

“Kaldu sayuran dapat dibuat dari bahan seledri, bawang putih dan wortel. Anda dapat menambahkan merica,” ujar chef Putri Miranti kepada media dalam acara cooking class bersama Philips beberapa waktu lalu.

Menurutnya kaldu sayuran cocok dengan segala jenis masakan. Berbeda dengan kaldu ayam yang hanya cocok dengan masakan dari ayam, kurang cocok bila digunakan untuk masakan daging lainnya. Begitupun kaldu sapi kurang cocok dengan masakan selain daging sapi. Kaldu sayuran bisa dipadankan dengan segala jenis masakan.

“Sup biasanya menggunakan sayuran, jadi sebagai alternatif gunakan kaldu sayuran untuk menu sup daging atau iga Anda,” lanjutnya.  Kaldu sayuran bisa menjadi pilihan yang lebih sehat. Biasanya orang yang sedang melakukan detoks kerap mengasup kaldu sayuran untuk membersihkan saluran pencernaannya dari toksin.

Selain digunakan dalam masakan, gunakan pula kaldu sayuran untuk menanak nasi dalam rice cooker. Ganti air dengan kaldu sayuran, tambahkan jahe dan minyak bawang putih. Nah, Anda sudah mendapatkan nasi hainan yang gurih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com