Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/12/2012, 10:09 WIB

KOMPAS.com - Anda sering merasa malas berolahraga? Jangan menyerah! Pasti ada keinginan untuk berolahraga dalam diri Anda, cari tahu hal yang mampu memotivasi Anda bergerak.

1. Alasan Anda  mulai berolahraga adalah...
A. Karena  teman atau saudara Anda  didiagnosis dengan penyakit jantung  pada usia 40. Itu terlalu muda.
B. Mencoba kelas yang sedang populer di gym Anda.
C. Ingin liburan akhir tahun, dan terlihat oke dengan bikini.
D. Latihan selalu menjadi bagian dari kehidupan Anda.

2. Situasi mana yang paling dekat menggambarkan latihan yang ideal bagi Anda?
A. Sebuah sesi kardio pada mesin eliptical atau treadmill, selama Anda bisa memonitor detak jantung, jarak, dan kalori yang terbakar.
B. Bermain sepak bola pada hari Sabtu pagi atau jogging dengan seorang teman.
C. Sendirian di ruang tamu Anda, melakukan latihan dengan bantuan DVD.
D. Kelas kickboxing, untuk melepaskan stres dan ketegangan.

3. Pemanasan rutin Anda adalah ...
A. Kelas Pilates di gym. Anda pernah mendengar bahwa latihan penguatan batang tubuh dapat membantu punggung Anda.
B. Ngobrol dengan teman sambil jogging.
C. Bayangkan diri Anda dengan lengan kencang. Anda memutuskan untuk melakukan latihan beban bebas.
D. Ambil napas dalam-dalam. Anda ingin mematikan kebisingan di kepala Anda sebelum berolahraga.
 
4. Anda membayangkan pakaian olahraga Anda seperti ...
A. Satu set pakaian baru. Anda baru saja membuat komitmen untuk berolahraga secara teratur.
B. Koleksi kaus nyaman.
C. Pakaian nyaman untuk latihan solo dengan potongan yang seksi.
D. Koleksi lengkap, celana yoga, capri, sport bra dan tank top.

5. Apa yang paling Anda sukai dari olahraga?
A. Persiapannya dan rencananya, karena dokter menyarankan program latihan harian untuk meningkatkan kesehatan Anda.
B. Bercanda dengan teman dan keringat yang keluar membuat tubuh segar.
C. Terlihat pas mengenakan skinny jeans, tidak ada muffin top!
D. Latihan intens hingga terengah-engah.

Hasil:
Kebanyakan jawabannya A
Motivasi: Kesehatan Anda
Ini adalah alasan yang paling kuat untuk memulai program latihan. Tapi Anda harus mau olahraga, dan tidak hanya melakukannya karena dokter Anda menyarankannya. "Jika olahraga bukanlah sesuatu yang Anda pilih dengan bebas, motivasi Anda tidak bisa berlangsung lama," kata Marcus Kilpatrick, PhD, seorang profesor ilmu olahraga di University of South Florida.

Saran ahli: Anda perlu menurunkan berat badan untuk meningkatkan kesehatan Anda. Tapi bukannya menetapkan tujuan "Saya akan turun 20 kilogram," membuatnya "Saya akan melaksanakan olahraga empat kali seminggu. Hal yang akan menurunkan serta menstabilkan kolesterol dan tekanan darah dan membuat Anda lebih kuat dan lebih santai," kata Kendrin Sonneville, RD, seorang ahli gizi di Boston.
 

Jawaban kebanyakan B
Motivasi:
Mendapatkan teman baru
Anda mendapatkan dorongan motivasi dengan bertemu orang lain di kelas Zumba. "Dalam penelitian kami, ketika orang-orang berpartisipasi dalam kelompok latihan, mereka biasanya konsisten latihan lebih lama," kata Timothy Church, MD, PhD, profesor di Pennington Biomedical Research Center. Kelemahannya adalah, jika teman-teman latihan Anda berhenti, Anda mungkin kehilangan minat juga.

Orang-orang yang mengambil bagian dalam olahraga tim lebih menyenangkan dan lebih bertahan lama ketimbang mereka yang berlatih sendirian. Itu menurut penelitian dalam Journal of American College Health. Bergabunglah dengan klub. Untuk mendapatkan persahabatan yang Anda dambakan.

Jawaban kebanyakan C
Motivasi: tubuh seksi
Mengejar impian tubuh  yang ramping akan membuat Anda ke gym. Menurut survei dari University of Kentucky, setelah kesehatan, penampilan adalah alasan paling umum perempuan untuk berolahraga. Kelemahannya Anda akan terlalu fokus pada hasil, tapi tak menikmati prosesnya. Ketika sudah mendapatkan bobot yang ideal Anda pun mulai malas berolahraga.

"Orang-orang selalu ingin terlihat menarik untuk acara tertentu, seperti reuni atau pernikahan. Mereka akan bersedia untuk latihan lebih keras dan diet karena mereka pikir itu akan membantu mereka lebih cepat mencapai tujuan," kata Kilpatrick. "Tapi kami telah menemukan bahwa bagi banyak orang, terus menerus latihan intensitas tinggi akan membuat mereka mudah menyerah dan berhenti olahraga." Lebih efektif untuk pergi untuk beberapa kali joging seminggu, dibanding berlari seperti orang gila selama 15 menit hari ini akan membuat Anda tidak latihan esok harinya.

Jawaban  kebanyakan D
Motivasi: Stres
Anda menggunakan latihan untuk mengalahkan stres, mengurangi frustrasi, dan meningkatkan endorfin agar merasa lebih baik.  Anda adalah  salah satu orang yang beruntung: motivasi yang berasal dari dalam cenderung menyebabkan perubahan jangka panjang perilaku. Satu-satunya masalah adalah, Anda mungkin begitu cinta dengan latihan membuat Anda mengabaikan fisik dan menempatkan Anda pada risiko cedera. 

Pastikan untuk menjadwalkan setidaknya satu hari libur seminggu untuk membiarkan tubuh Anda beristirahat. Dan pastikan Anda kegiatan alternatif - berjalan satu hari, Pilates berikutnya - sehingga Anda tetap kuat dari kepala sampai kaki. Cobalah hal-hal baru. Buat jadwal misalnya Senin, sepeda, Rabu, jogging, Jumat, yoga. Mengambil pelajaran untuk belajar olahraga baru, seperti tenis, atau mencoba kegiatan petualangan seperti panjat tebing atau mengayuh kayak juga sangat disarankan.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com