Kamis, 24 April 2014
Agar "Cake" Tidak Bantat
Minggu, 23 Desember 2012 | 10:11 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Kocok adonan hingga dasar agar cake mengembang sempurna.

KOMPAS.com Untuk memeriahkan Natal, aneka kue dan cake lezat selalu tersedia di meja. Namun jika tahun-tahun sebelumnya Anda hanya membelinya, maka tahun ini tak ada salahnya untuk menjajal bikin cake sendiri. Untuk membuat cake, pada dasarnya Anda hanya membutuhkan bahan baku berupa telur, margarin, tepung terigu, dan gula. Sisanya tergantung Anda ingin membuat apa; jika ingin cake cokelat, maka tinggal tambahkan cokelat bubuk ke dalamnya.

Namun, kegagalan yang sering dialami pemula adalah cake bantat. Kegagalan ini disebabkan oleh cara mengaduk adonannya. Kebanyakan orang mengocok adonan hanya di permukaan adonannya saja, tidak sampai ke bagian dasar. Hal ini akan membuat adonan bagian atasnya saja yang mengembang, sedangkan bagian bawah tidak terkocok sempurna. Ketika dipanggang, adonan ini akan menjadikan cake bantat, tidak lembut dan basah di bagian dalamnya.

Untuk menghindari kegagalan ini, sebaiknya usahakan untuk mengocok adonan dengan rata. Beri tekanan sedikit ketika mengocok adonan, dan jangan terlalu mengambang. Tak perlu takut saat mixer mengenai wadah adonan bagian bawah. Kebanyakan ibu rumah tangga takut hal ini bisa menggores wadahnya atau menimbulkan suara yang berisik. Tanda ini bisa berarti bahwa Anda sudah mengocok adonan dengan rata sampai di bagian terbawah.

 

 

Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
Hesti Pratiwi