Senin, 4 Mei 2015

Female

TAG

    Mie Ayam

    Minggu, 23 Desember 2012 | 10:21 WIB

    KOMPAS.com - Di musim penghujan seperti sekarang ini,memang paling enak makan yang hangat-hangat. Sayangnya, saat hujan di sore hari banyak penjual makanan yang tidak jualan. Nah, tak ada salahnya untuk membuat makanan ala jajanan gerobak seperti mi ayam yang gurih ini di rumah. Ternyata tak sulit kok membuatnya. Selain itu, mi buatan sendiri juga dijamin sehat.

    Bahan:
    Mi
    1000 gram tepung terigu protein tinggi
    10 gram garam
    6-10 gram garam alkali
    250 gram tepung tapioka
    380 gram air

    Minyak ayam:
    1000 ml minyak sayur
    250 gr kulit atau lemak ayam
    10 siung bawang putih,memarkan
    1 ruas jahe, memarkan
    1/2 sdt lada halus
    1/2 sdt ketumbar, haluskan

    Kaldu:
    200 ml air
    3 lembar daun bawang, iris
    2lembar daun seledri, iris
    Tulang ayam, cuci dan memarkan

    Tumis ayam:
    250 gram daging ayam
    2 ruas jahe
    10 sdm minyak sayur
    1 sdt lada bubuk
    1 sdt vetsin
    5 sdm kecap asin
    1/2 sdt garam
    5 sdm kecap manis
    3 siung bawang putih
    1 gelas air

    Pelengkap:
    Sawi putih
    toge panjang
    Pangsit

    Cara membuat:1.
    1. Mie: Larutkan garam dapur dan garam alkali dengan air, aduk sampai rata. Kemudian di tempat terpisah, campur semua bahan kering dan tambahkan larutan garam sedikit demi sedikit sambil dikocok. Aduk sampai adonan berbutir-butir. Masukkan adonan dalam alat penipis dan giling sampai ketebalan yang diinginkan. Setelah tipis, potong adonan sampai berbentuk untaian mi. Taburi dengan tepung tapioka agar tak lengket.
    2. Minyak ayam: Panaskan minyak ayam, kemudian goreng kulit dan lemak ayam. Masak sampai minyak ayam keluar dan kulit menjadi kering. Setelah agak kering, masukkan bawang putih dan bahan-bahan lainnya ke dalam gorengan kulit. Masak sekitar 15 menit dengan api kecil. Angkat kulitnya, dan sisihkan minyaknya.
    3. Kaldu: Masukkan semua bahan ke dalam panci. Rebus semua bahan ini dengan api sedang minimal dua jam. Setelah matang, saring kaldu.
    4. Tumis ayam: Cincang daging ayam sampai agak halus.Kemudian tumis jahe, bawang putih dan daun bawang sampai kecoklatan. Masukkan daging ayam, lada, penyedap,garam,kecap manis, kecap asin ke dalam tumisan. Masukkan air dan masak sampai bumbu meresap dan daging empuk.
    5. Penyajian: Di dalam mangkuk, beri kecap asin, vetsin, lada, dan minyak ayam secukupnya. Kemudian masukkan mie yang sudah direbus bersama sawi dan toge. Aduk rata. Siramkan kuah kaldu, dan tambahkan tumisan ayam dan pangsit di atasnya. Resep : Resep didemokan oleh Sunarto, instruktur Bogasari Baking Center cooking class di Bogasari Baking Center, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (19/12/2012) lalu.

     

    Editor : Hesti Pratiwi