Rabu, 26 November 2014
Mitos Kesehatan Rambut Ibu Hamil dan Setelah Bersalin
Selasa, 25 Desember 2012 | 11:03 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Boleh kok creambath saat hamil untuk mengatasi pegal-pegal, tapi sebaiknya hindari steam dan jangan pakai tonik rambut.

KOMPAS.com -  Pada saat kehamilan maupun setelah bersalin tak jarang muncul beberapa pertanyaan seputar masalah rambut. Rambut memang merupakan mahkota kecantikan bagi kaum perempuan. Tak heran sedikit masalah muncul pada rambut maka akan berusaha sedapat mungkin mencari solusinya.

Sama seperti pada masa sebelum hamil dan bersalin, maka saat kehamilan pun maka rambut tetap memerlukan perawatan yang baik. Minimal mencuci rambut secara teratur, bila keringat berlebih bisa dilakukan setiap hari.

Beberapa pertanyaan yang lazim diungkapkan oleh para ibu hamil maupun setelah bersalin berikut ini mungkin bisa bermanfaat bagi para sahabat.

Boleh nggak ya mengeriting dan mewarnai rambut pada waktu hamil ?

Sebaiknya hindari pengeritingan maupun mewarnai rambut selama masa kehamilan. Akibat secara langsung mungkin tidak tampak, namun tidak baik ibu hamil menghirup aroma zat kimia dari obat keriting  maupun obat pewarna rambut. Selain itu bahan untuk  keriting atau mewarnai  rambut  berupa obat kimia tersebut akan meresap ke dalam kulit pori-pori kepala ibu hamil.

Saran : sebaiknya tunda dulu pengeritingan dan pewarnaan rambut pada masa hamil agar tidak menimbulkan efek bagi janin dalam kandungan.

Benar nggak sih selama kehamilan ibu hamil nggak boleh potong rambut nanti  bayinya cacat?


Tidak ada kaitan antara potong rambut dengan kecacatan pada bayi dalam kandungan, ini mitos. Jadi boleh saja potong rambut pada saat hamil. Ibu hamil perlu tampak segar dan cantik juga

Saran : Agar tetap tampil segar dan cantik, bila rambut panjang  sebaiknya di ikat rapi tapi tidak terlalu kencang mengikat agar rambut tidak patah dan rontok. Dengan ditata rapi akan  mengurangi perasaan gerah akibat aktifnya pengeluaran keringat pada saat hamil. Bila suka rambut pendek jangan ragu boleh saja potong rambut agar tampak segar.

Kalau  ke salon untuk creambath boleh tidak ya?

Creambath rambut dengan penggunaan bahan alami sekarang juga tersedia di salon salon, misalnya dengan sari buah apokat, madu, maupun lidahbuaya asli. Sejauh bahan yang digunakan tidak bersifat racun maupun beraroma membahayakan bagi pernafasan (bersifat toksik ) maka aman untuk ibu hamil.

Saran : Biarkan cream untuk rambut mengering dengan sendirinya, tak perlu di uap panas/steamer, agar ibu  hamil tidak terlalu banyak keluar cairan keringat, lalu bilas dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan terakhir bilas  dengan air dingin supaya pori-pori  kulit rambut tertutup kembali. Jangan lupa selama berada di salon minum air putih yang cukup agar tak kekurangan cairan atau dehidrasi

Kalau pijat di daerah kepala dan pundak boleh nggak ya ?

Boleh saja, justru akan memperlancar peredaran darah di sekitar kepala. Tapi ingat bila ibu hamil tiba tiba mengalami keluhan pusing dan nyeri tengkuk disertai kenaikan tekanan darah  sarannya adalah segera mengunjungi bidan dan dokter bukan ke salon.

Kenapa ya saat hamil rambut saya  kok jadi lebat bahkan tumbuh banyak anak rambut di leher dan dahi?

Pada saat kehamilan hormon estrogen sangat aktif dan berpengaruh terhadap bertambahnya percepatan pertumbuhan rambut baru. Ibu hamil tak perlu cemas. Ini merupakan salah satu efek perubahan hormon.

Saran : lalukan perawatan rambut secara benar, mencuci rambut  teratur dan memotongnya bila  tampak kusam dan tidak rapi. Penggunaan obat obat penyubur rambut tidak perlu dilakukan.

Rambut saya kok malah rontok pada waktu hamil?

Sebagaimana anggota tubuh yang lain maka rambut pun memerlukan nutrisi yang cukup. Kerontokan pada rambut  juga dapat menjadi sinyal penting bahwa dengan perubahan hormon kehamilan, maka dari itu tubuh ibu hamil memerlukan nutrisi lebih dari sebelumnya. Ibu hamil perlu meningkatkan asupan zat gizi dan vitamin yang cukup.

Saran : Untuk mengurangi kerontokan rambut, maka tingkatkan makanan berprotein dan minum jus buah segar agar mendapat vitamin  yang cukup. Hindari  terlalu sering penggunaan hairdryer, pengeringan dengan kipas angin maupun dijemur langsung  di sinar matahari. Pakai topi atau pelindung rambut saat terpapar sinar matahari. Sebaiknya jangan mengikat rambut terlalu kuat. Menyisir rambut secara perlahan. Kerontokan sampai dengan 80 atau 100 helai rambut masih batas normal.

Benar tidak ya katanya setelah melahirkan tidak boleh keramas/mencuci rambut dulu sampai 40 hari ?


Tidak benar. Setelah bersalin ibu hamil justru harus tetap menjaga kondisi kesehatan rambut. Mencuci rambut atau keramas boleh dilakukan kapan saja dengan catatan, ibu setelah bersalin dalam kondisi sehat dan tidak mengalami gangguan  komplikasi misalnya  setelah mengalami perdarahan dan anemia,atau hipertensi dsb

Saran : Jika ingin keramas setelah melahirkan, terutama setelah mengalami perdarahan  ibu jangan keramas sendiri  ke kamar mandi tetapi minta bantuan perawat, bidan atau keluarga untuk membantu mencuci rambut. Bayangkan bila tidak dicuci 40 hari,  selain bau keringat dan  mungkin terkena  darah, justru akan jadi sarang kuman.

Bagaimana jika ada kutu rambut saat hamil? apakah boleh  diobati dengan obat kutu?

Obat kutu bersifat racun (toksik) sebaiknya hindari. Lakukan pembersihan dengan keramas setiap hari dan disisir yang rapat untuk mengeluarkan kutu. Sedangkan sisa telur kutu gunakan bahan ramuan alami isi buah srikaya secukupnya ditumbuk halus dan di campur dengan minyak kelapa/ minyak goreng lalu di usapkan di kepala semalam. Pagi dikeramas.

Saya sedang menyusui boleh tidak mengecat dan mengeriting rambut, katanya bahaya untuk ASI?

Setelah melahirkan sebenarnya tidak masalah bila ibu ingin mengecat atau mengeriting rambut. Dampak ke ASI sejauh ini belum ada penelitian. Karena berupa obat obat yang tidak di proses dalam pencernaan ibu maka untuk pengaruh ke ASI belum terbukti.

Saran : pastikan bahwa obat yang digunakan pada rambut aromanya tidak terhirup bayi, karena beberapa obat pengeriting atau pewarna rambut  ada yang baunya agak lama hilang dan bila terhirup bayi  yang berada dalam dekapan ibu secara terus menerus tentu tidak baik bagi paru - paru bayi karena mengandung zat kimia.

Selamat menjaga kehamilan dan berbahagia untuk kelahiran dengan tetap menjaga penampilan dan kesehatan tubuh terutama bagi yang bermasalah dengan rambut. Walaupun sudah mempunyai anak tetap harus tampil cantik dan segar, agar suami betah di rumah.

Salam hangat!

 


Penulis :
Bidan Romana Tari
Editor :
Asep Candra
BERITA LAIN: