Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2012, 11:49 WIB

KOMPAS.com - Botox dan injeksi anti-kerut tidak murah, jadi ketika Anda melihat diskon dari situs online hingga 75 persen, seharusnya Anda ragu. 

Matthew Schulman, MD, seorang ahli bedah plastik yang berbasis New York berpendapat  ada alasan yang baik untuk bersikap skeptis pada iklan ini. Hal ini berkaitan dengan isu kesehatan, karena harga murah yang ditawarkan sangat mungkin disebabkan produk yang digunakannya juga murah dengan kualitas rendah. Dengan daftar kemungkinan efek samping misalnya, timbulnya problem menelan, berbicara, atau bernapas dan mungkin mengancam nyawa.

Jika Anda tergoda oleh tawaranini, disarankan hati-hati untuk memeriksa berapa banyak unit Anda dapatkan serta berapa harganya. Dosis unit yang disetujui FDA adalah 20 unit untuk mengatasi garis kerut antara alis.

Ellen Marmur, MD, juga menyarankan Anda meneliti dokter atau tenaga yang akan melakukan prosedur. Sebaiknya pilih dokter yang  memiliki setifikasi.  

Ketika akhirnya Anda mengunjungi tempat tersebut untuk melakukan prosedur, jangan malu-malu untuk bertanya. "Ajukan pertanyaan tentang profesional medis yang akan melakukan injeksi kepada Anda. Pertanyaan seperti berapa lama mereka mengikuti pelatihan  dan berapa banyak pengalaman yang mereka miliki dengan produk tertentu," saran Dr. Marmur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com