Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/12/2012, 14:41 WIB

KOMPAS.com – Kesibukan bisa menjadi alasan sebuah persahabatan merenggang. Semakin bertambah umur, kedekatan kita pada sahabat lama bisa saja makin merenggang, paling tidak secara kuantitas kebersamaannya. Mau bertemu saja rasanya susah sekali, padahal tinggal satu kota.Tapi itu tidak berarti Anda tidak dapat menghidupkan kembali hubungan dengan sahabat.

Anda harus menemukan cara untuk menyambung kembali koneksi yang telah berbulan-bulan atau bertahun-tahun nol-kontak. Sebab penelitian membuktikan bahwa perempuan yang memiliki sahabat dekat mempunyai harapan hidup lebih panjang. Berikut adalah langkah pertama terbaik untuk mendapatkan teman dekat  Anda kembali dalam hidup Anda.

1. Menulis pesan di  Facebook
Jejaring sosial adalah salah satu cara termudah untuk menjalin kontak kembali. Tapi apa yang Anda katakan padanya? Mulailah dengan sedikit informasi tentang kesibukan Anda, lalu menambahkan rincian hal yang telah Anda lakukan atau kejadian yang Anda alami. Berbagi update tentang kehidupan Anda dapat mendorong teman Anda untuk membalas dengan keterbukaan yang sama. Setelah Anda terhubung kembali, buat rencana untuk bertemu. Anda tidak dapat menggantikan interaksi nyata dengan Facebook atau media sosial.

2. Lakukan kegiatan yang biasa kalian lakukan
Sebuah aktivitas yang Anda kerjakan bersama-sama bisa menjadi penyambung  sebuah persahabatan yang terputus. Karena kesenangan di masa lalu mampu menyalakan kembali kenangan positif dan mendekatkan kembali. Mulailah dengan mengirim email teman Anda dengan daftar kegiatan favorit bersama dan menyarankan melakukan salah satunya. Apa saja, berbelanja, mengunjungi kedai kopi atau bermain kartu bridge.

3. Mengirimkan kartu tulisan tangan
Tidak perlu momen khusus atau alasan tertentu untuk mengirimkan sebuah kartu kepadanya. Tuliskan pesan dalam kartu tersebut bahwa Anda tersedia untuk makan siang dalam beberapa minggu ke depan.

4. Menelpon
Mendengar suara seorang teman lama dapat menjadi cara yang bagus untuk berhubungan kembali. Tetapi dengan jadwal sibuk, Anda mungkin berakhir dengan jejaring sosial, Twitter atau Facebook. Tinggalkan pesan Anda ingin menelponnya. Setelah tersambung dengannya, pastikan mengatur waktu bertemu.

5. Mengirimkan bingkisan atau hadiah
Sama dengan kartu, Anda tak perlu menunggu momen khusus untuk mengirimkan sesuatu padanya.  Persiapkan kejutan kecil dengan kiriman kue kesukaannya. Kejutan ini akan mendekatkan kembali Anda dengannya karena ia tahu, Anda tidak melupakannya. 

6. Menyelengarakan pesta
Jangan berpikir tentang kerepotan dengan pesta mewah. Cukup pesan meja di sebuah resto atau kafe dan undang beberapa teman. Biarkan teman-teman Anda tahu betapa mereka berarti bagi Anda, sehingga Anda bersedia menjadi “panitia” acara kumpul bersama kembali. Pertimbangkan mengumpulkan teman- teman dalam satu lingkar pertemanan tertentu. Pastikan yang berkumpul adalah ‘genk’ kalian yang dulu sangat dekat atau paling tidak sudah saling mengenal satu sama lain, hal ini untuk menjaga percakapan mengalir penuh nostalgia dan keakraban.

7. Terlibat kegiatan seru bersama
Kalian pasti punya penyanyi atau band yang disuka bersama. Nah, sejak akhir tahun dan awal tahun depan kita sedang banyak kedatangan musisi internasional.  Acara konser akan mengurangi kecanggungan setelah lama tak bertemu. Bila kalian sudah terlalu lama tak bertemu, percakapan bisa menjadi kaku. Atau kecanggungan juga bisa muncul karena menyadari banyak perubahan dari sahabat. Tiba-tiba gaya berpikirnya, minatnya dan pribadinya berubah. Intinya ia bukan lagi orang yang Anda kenal dulu. Selain konser, kalian bisa mencoba kegiatan baru seperti  bermain paintball, mengikuti kelas tari salsa dan mencoba tempat spa baru. Menemukan sebuah kegiatan yang Anda suka bersama dapat menyambung kembali hubungan yang sempat terputus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com