Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kelembaban Kulit Cepat Hilang Setelah Mandi?

Kompas.com - 27/12/2012, 17:47 WIB

KOMPAS.com - Proses mandi menghilangkan kelembaban alami pada lapisan permukaan kulit. Hal ini terjadi bukan karena air yang menyebabkan kulit kering, namun kemampuan penyerapan air yang hanya bertahan 10 menit saja, dan kemampuan air melembabkan sel kulit juga hanya bisa bertahan 30 menit. Setelahnya kulit cenderung kering. Tak hanya faktor penyerapan air, pemilihan produk pembersih tubuh juga memengaruhi kelembaban kulit saat dan setelah mandi.

Dokter ahli kulit dr Amaranila Drijono SpKK menjelaskan saat mandi, kita sebenarnya sedang memberikan air pada sel. Supaya air tetap tinggal lebih lama untuk melembabkan kulit dibutuhkan zat yang bisa membuatnya tertahan setelah dibilas sekalipun. Zat ini bisa didapatkan pada pembersih tubuh.

"Kalau mandi membuat kulit kering, bukan airnya yang bikin kering tapi kemampuan air melembabkan sel kulit hanya bertahan 30 menit, lebih dari itu kelembaban hilang,"jelasnya saat workshop media seputar kecantikan di Hotel Dharmawangsa Jakarta beberapa waktu lalu.

Sebenarnya untuk mencegah kulit kering setelah mandi, pemakaian losion pelembab sehabis mandi bisa menjadi solusinya. Namun untuk menjaga kelembaban kulit lebih maksimal, butuh pembersih tubuh yang tepat.

"Pakai cleanser yang mampu menahan kelembaban lebih lama," saran dr Nila (sapaan akrabnya).

Sementara dalam paparan fakta dari merek sabun cair mengungkapkan, penggunaan sabun mandi dengan bahan pembersih yang keras umumnya menimbulkan kulit kering setelah mandi. Pasalnya sabun mandi seperti ini menghilangkan protein dan lemak pada lapisan permukaan kulit. Hilangnya atau terangkatnya lipid alami kulit menyebabkan kulit menjadi kering setelah mandi.

Sementara teknologi sabun cair kebanyakan hanya fokus mengurangi hilangnya protein. Selain juga mengatasi hilangnya kelembaban kulit dengan menambah kandungan pelembab ytang mudah dibersihkan dengan air pada sabun cair. Masalahnya, teknologi ini juga tak memberikan solusi menyeluruh karena kandungan pelembab ini turut menghilang saat pembilasan dengan air saat mandi, sehingga lipid alami di kulit ikut menghilang dan kulit pun menjadi lebih kering.

Menurut dr Nila, solusi mengatasi kulit kering setelah mandi adalah dengan memilih produk pembersih yang memenuhi prinsip dasar perawatan kulit yakni membersihkan, memperbaiki sel kulit, melembabkan, juga memproteksi kulit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com