Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2012, 12:38 WIB

KOMPAS.com - Kalau Anda memilih kumpul bareng dengan teman atau keluarga di rumah untuk merayakan pergantian tahun, lengkapi dengan hidangan istimewa. Tak harus mahal, tapi Anda bisa mengkreasikan dari makanan ringan favorit. Dengan waktu 10 menit atau bahkan kurang dari itu, Anda bisa menghidangkan makanan ringan untuk memeriahkan perayaan tahun baru di rumah.

Kue kering dengan topping lapisan lemon
Beli kue kering favorit di toko. Misalnya, kue jahe. Agar tampilan dan rasanya lebih istimewa, tambahkan lapisan lemon di atasnya. Tak hanya membuat kue jahe lebih cantik, perpaduan rasa juga membuat hidangan ini lebih istimewa. Anda bisa membuat sendiri lapisan lemon dalam waktu singkat. Caranya, campurkan 1 1/4 cangkir gula bubuk dengan dua sendok makan perasan lemon dan satu sendok teh parutan kulit lemon, aduk merata dan bubuhi di atas kue kering sebagai topping.

Tambahkan cokelat
Masih mengandalkan kue kering, Anda bisa menikmati hidangan yang beda dengan tambahan cokelat sebagai celupan kue. Cairkan cokelat putih yang diaduk merata dengan dark chocolate yang sering digunakan untuk baking yakni bittersweet chocolate. Jadikan cokelat cair ini sebagai celupan untuk kue kering favorit.

Kreasi ala "sandwich"
Saat membeli kue kering, jangan lupa hiasan kue warna-warni yang aman dimakan. Kreasikan kue kering dengan hiasan kue ini, menjadi semacam sandwich. Letakan hiasan kue di antara dua kue kering. Selain lebih cantik dipandang, kreasi kue ini juga memberikan sensasi rasa tersendiri. Anda bisa berkreasi dengan aneka hidangan lainnya, misalnya membuat "sandwich" wafer dengan buah segar sebagai isinya.

Popcorn
aneka topping

Anda bisa membuat popcorn sendiri atau membeli jadi. Berikan sentuhan berbeda pada popcorn dengan tiga pilihan topping ini:

* Topping manis: kombinasikan tiga sendok makan mentega cair tanpa kandungan garam, dengan satu sendok makan gula dan 1/2 sendok teh rempah pie apel.
* Topping gurih: campurkan dua sendok makan extra-virgin olive oil, dengan 1/2 cangkir keju parut, 1/2 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh merica.
* Topping manis-gurih: Kombinasikan dua sendok makan mentega cair tanpa kandungan garam, dengan satu sendok makan gula dan 1/2 sendok teh garam.
* Topping pedas: Kombinasikan dua sendok makan mentega cair tanpa kandungan garam, dengan satu sendok teh bubuk cabe, 1/2 sendok teh gula merah bubuk, 1/2 sendok teh garam, dan 1/4 sendok teh bubuk kayu manis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com