Minggu, 23 November 2014
Beda Foundation dan BB Cream
Kamis, 10 Januari 2013 | 09:12 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Foundation atau alas bedak berfungsi lebih kepada menutup noda-noda pada wajah, seperti bintik-bintik hitam, warna wajah tidak rata atau belang, serta bekas jerawat.

KOMPAS.com - Ada cara instan untuk memuluskan atau menutup wajah bernoda dalam sekejap, yaitu dengan mengoleskan krim yang bernama foundation atau juga BB Cream. Kedua krim ajaib ini sama-sama dapat menutup noda dengan sempurna. Tetapi, adakah perbedaannya? Ada! Dan, inilah perbedaannya.

Berdasarkan fungsinya
* Foundation atau alas bedak berfungsi lebih kepada menutup noda-noda pada wajah, seperti bintik-bintik hitam, warna wajah tidak rata atau belang, serta bekas jerawat. Oleh sebab itu, foundation mempunyai tekstur yang lebih kental.
* BB Cream atau Blemish Balm Cream juga mempunyai fungsi yang sama dengan foundation, tetapi BB Cream mempunyai fungsi-fungsi "pintar" lain, yaitu sebagai penutup noda hitam, pelembab wajah, dan dapat meregenerasi kulit baru atau memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak. Sehingga, BB Cream boleh dibilang perpaduan antara moisturizer dan foundation.  

Beda kandungan
* Kandungan yang terdapat pada foundation berupa UV Protection, avocado oil, jojoba oil, vitamin A dan E.
* Sedangkan BB Cream juga mengandung UV Protection, tapi juga dilengkapi dengan bahan-bahan alami yang dapat meregenerasi kulit seperti mineral tourmaline,  vitamin E sebagai antioksidan, squalane moisturizer untuk melembabkan wajah, serta kandungan ekstrak bahan alami seperti hazel, cinnamon, aloe, dan zat untuk menghambat penuaan.

Pilihan warna
* Berdasarkan pilihan warnanya, foundation mempunyai pilihan warna yang lebih banyak, dari yang berwarna terang sampai gelap, karena fungsinya yang hanya sebagai penutup noda-noda wajah (dari yang ringan sampai yang berat).
* Beda dengan BB Cream yang hanya mempunyai sedikit pilihan warna saja dikarenakan BB Cream berfungsi sebagai penutup noda sekaligus treatment  wajah. Teksturnya pun menjadi lebih ringan.

Dikarenakan fungsi BB Cream yang tidak hanya mempercantik namun juga membantu merawat kesehatan kulit, saat ini banyak produsen kosmetik yang memproduksi BB Cream. BB Cream awalnya diproduksi pada perusahaan kosmetik Korea yang mengembangkan sebuah krim untuk merawat kulit agar pulih kembali pasca operasi wajah atau laser yang dibuat pertama kali di Jerman.

Cara penggunaan foundation:
1. Ulaskan moisturizer atau pelembab wajah terlebih dahulu.
2. Ratakan dengan jari, tunggu beberapa menit agar pelembab meresap.
3. Lalu, ulaskan foundation merata pada wajah.
4. Gunakan bedak dengan cara ditekan-tekan agar menempel pada kulit.

Cara penggunaan BB Cream:
1. Ulaskan langsung BB Cream secukupnya pada wajah.
2. Ratakan dengan jari.
3. Wajah pun akan terlihat lebih cerah. Anda dapat menambahkan bedak agar terlihat lebih matte.

(Tabloid Nova/Wendy)


Editor :
Dini
BERITA LAIN: