Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2013, 21:59 WIB

KOMPAS.com - Tahun ini, Nila Tanzil ingin membuka Taman Bacaan Pelangi di Papua. Ia juga menyiapkan pendirian yayasan untuk menaungi taman bacaan yang sudah beroperasi di 25 titik di Indonesia timur itu.

Sudah tiga tahun, eksekutif salah satu produsen alat olahraga itu menggerakkan Taman Bacaan Pelangi (TBP). Bermula dari Roe, Nusa Tenggara Timur, pada November 2009, kini TBP beroperasi di Flores, Atambua, Makassar, Lombok Timur, Sumbawa, dan Maluku.

Di sela kerjanya di Jakarta, Nila Tanzil menyempatkan diri terbang ke Indonesia Timur. Perempuan itu berkunjung Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Maluku. Di sana ia menemukan kebahagiaan dari berbagi buku lewat TBP. ”Saya bersama penduduk setempat menyediakan bacaan bagi anak-anak,” kata penyuka olahraga selam ini.

Tidak satu pun dari 30 pengelola TBP menerima bayaran materi. Mereka puas melihat anak-anak menyukai buku-buku di TBP. ”Pernah ada anak bercerita, dia mendapat nilai 9 di IPA karena membaca buku di TBP, bukan buku sekolah. Bahagia sekali mendengarnya,” ujarnya.

Namun, tujuan pendirian TBP tidak hanya agar anak mendapat nilai bagus pada pelajaran di sekolah. Nila ingin hak anak-anak terhadap bacaan bermutu terpenuhi. Anak-anak berhak mendapatkan nutrisi bagi perkembangan pikiran dan jiwa. Buku membantu anak-anak menjangkau tempat-tempat yang jauh dan tidak terbayangkan oleh mereka.

”Banyak kisah tentang anak-anak yang berani bermimpi besar setelah membaca buku. Dalam keterbatasan di tempat asalnya, mereka berani bermimpi tentang dunia luar,” ujarnya.

Namun, banyak anak seperti di Kampung Roe tidak memiliki akses terhadap buku. Mereka jauh dari perpustakaan dan keadaan tidak memungkinkan mereka membeli buku sendiri.

Dari pelesir
Mimpi dan hak anak-anak itulah mendorong TBP didirikan. TBP bermula dari pelesir Nila ke Kampung Roe di NTT. Kala itu, ia bekerja di lembaga konservasi untuk Pulau Komodo. Di sela waktu tugas, ia pelesiran di pelosok NTT. Kunjungan ke Kampung Roe membekas di benaknya.

”Sedih melihat keterbatasan di sana. Anak-anak di sana tidak punya bacaan, berbeda saat saya kecil yang punya buku,” katanya.

Sedih tidak menyelesaikan masalah. Dia memutuskan prioritas langkah menyelesaikan masalah yang dilihatnya di Roe. Nila memulai dengan mengontak keluarga Avent Abu agar keluarga guru itu mau menyediakan tempat untuk meletakkan buku.

”Halaman rumahnya luas, ada pohon dan tempat duduk di bawahnya. Saya bayangkan anak-anak membaca, sebagian lagi bermain saat lelah membaca. Apalagi rumahnya di sebelah SD, jadi mudah diakses anak-anak,” ujarnya.

Setelah keluarga Avent setuju, Nila mencari cara mendapatkan pustaka. Karena sulit mencari di NTT, ia ke Jakarta. Di Jakarta, ia menghubungi Kompas Gramedia dan meminta potongan harga untuk pembelian buku anak.

Pembelian pertama menghabiskan Rp 5 juta dari dana pribadinya dan Nila mendapat potongan harga 30 persen. ”Pada pembelian kedua, saya diberi daftar dan memilih sendiri di gudang penerbit. Saya orang spontan, kadang nekat, ha-ha...,” ujarnya.

Pola di rumah Avent diterapkan di 24 TBP lain. Ia terlebih dahulu mencari warga yang bersedia menjadikan rumahnya sebagai taman bacaan. Setelah setuju, Nila akan mengirimkan rak buku serta aneka pustaka. ”Setiap tiga bulan, koleksinya ditukar antara satu taman dengan taman lain,” tuturnya.

Saat TBP baru berdiri di Flores, Nila mengurus sendiri pengantaran buku. ”Kalau terbang ke Flores, bagasi saya sering berlebih karena membawa buku anak-anak,” katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com