Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2013, 11:22 WIB

KOMPAS.com - Salah satu persiapan Kate Middleton dan Pangeran William menyambut kehadiran buah hati adalah memasang iklan untuk mencari pekerja rumah tangga (PRT). Seperti apa kriteria PRT pasangan kerajaan ini?

Menurut laporan yang dilansir harian Inggris Sunday Express, royal couple ini memasang iklan internal di Istana Buckingham untuk mencari seseorang "yang memberikan pelayanan rumah tangga berstandar tinggi untuk yang mulia The Duke dan Duchess of Cambridge".

Dalam iklan ini disebutkan sejumlah tanggung jawab yang diharapkan bisa dijalankan oleh PRT tersebut. Tugas utamanya di antaranya, memastikan semua area tempat tinggal bersih dan dirawat dengan standar tinggi, setiap waktu; mengurus dan merawat pakaian The Duke dan Duchess of Cambridge; membersihkan peralatan rumah tangga yang terbuat dari perak dan barang pecah belah lainnya, serta mencuci pakaian sendiri di rumah.

Calon PRT pasangan kerajaan ini juga harus memenuhi kriteria seperti memiliki SIM, selalu siap menjalankan tugas, menyiapkan makanan ketika diperlukan, dan merawat anjing yang dimiliki pasangan ini.

"Jelas, prestise bekerja untuk pasangan terkenal di dunia juga terkait insentif," ungkap orang dalam kerajaan yang menyebutkan pihak kerajaan telah menerima 15 pelamar untuk pekerjaan ini. Ia menambahkan, "Dalam iklan juga disebutkan mereka akan diminta bekerja lembur dan mengabdikan dirinya. Kebanyakan orang yang dipekerjakan untuk urusan rumah tangga akan diminta memasak; namun mengajak anjing jalan-jalan dan mengendara,  belum pernah terjadi sebelumnya."

Mengingat privasi penting bagi William dan Kate, keduanya juga meminta kepada para pelamar pekerjaan ini menyadari bahwa "kebijaksanaan, kesetiaan, dan keandalan adalah hal yang terpenting".

Meski William memiliki pelayan pria pribadi, Kate sepertinya tak berencana mencari pelayan perempuan pribadi untuk membantunya. Juga ada indikasi bahwa The Duke dan Duchess of Cambridge tetap akan berbelanja kebutuhan rumah tangga sendiri, dan memasak bersama.

Namun ada yang berubah dalam kehidupan royal couple ini menyambut kehadiran buah hati. Apartemen baru mereka di Istana Kensington akan menjadi tempat tinggal utama setelah Kate melahirkan di musim panas ini. William juga mulai mempertimbangkan karier dan perannya sebagai putra mahkota.

Dalam wawancara di website resmi Diamond Jubilee (perayaan untuk menandai 60 tahun Ratu Inggris bertahta) tahun lalu, William mengaku masih dalam proses membuat keputusan mengenai kariernya di Angkatan Udara, atau memenuhi tuntutan kehidupannya yang lain sebagai putera mahkota. "Memperjuangkan atau menyeimbangkan keduanya merupakan hal yang sulit," ungkapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com