Minggu, 21 Desember 2014
5 Manfaat Tidur Telanjang
Selasa, 22 Januari 2013 | 17:49 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Agar tidur lebih nyenyak, sebaiknya tidurlah tanpa busana.

KOMPAS.com - Jangan keburu berpikiran negatif ketika mendengar saran untuk tidur malam tanpa busana. Memang sih, tidur malam dalam kondisi telanjang biasanya dilakukan pasangan yang ingin bercinta. Padahal jika diteliti lagi, tidur telanjang juga punya banyak manfaat untuk kesehatan Anda.

1. Menyehatkan vagina

Jennifer Landa, MD, penulis buku The Sex Drive Solution for Women, mengungkapkan bahwa daerah intim perempuan sangatlah lembab. Kondisi lembab ini memungkinkan banyak bakteri dan jamur untuk berkembang. Untuk mengatasinya, tak ada salahnya jika sesekali Anda melepaskan pakaian dalam dan membiarkan vagina bernafas lega.

2. Tidur lebih nyenyak
Pakaian yang Anda kenakan saat tidur memang akan membuat Anda merasa lebih hangat. Namun, Lisa Shives, MD, anggota direksi National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa saat tidur, suhu tubuh akan menurun tajam. Kondisi inilah yang membuat tidur Anda akan lebih nyenyak dan pulas. Menggunakan pakaian dan selimut yang terlalu tebal akan menghambat penurunan suhu tubuh. "Tidur telanjang akan membantu tubuh Anda tetap dingin, sehingga tidur akan jadi lebih nyenyak," ungkapnya.

3. Lebih awet muda

Ingin tampil cantik dan terlihat awet muda? Sesekali cobalah untuk tidur tanpa busana. Natasha Turner, penulis buku The Diet Hormone mengungkapkan, menjaga tubuh tetap hangat saat tidur malam akan mengganggu pelepasan melatonin (hormon untuk mengenali jam tidur biologis) dan hormon pertumbuhan sel (hormon antipenuaan). Ketika kedua hormon ini terhambat, tidur tidak akan nyenyak dan sel kulit tidak akan mengalami regenerasi.

"Ketika suhu tubuh mulai turun, maka hormon antiaging ini akan dilepaskan, sehingga membuat Anda tampil lebih segar dan awet muda," jelasnya. Selain membuat Anda lebih awet muda, hormon ini juga akan membuat rambut Anda terlihat lebih indah.

4. Menurunkan berat badan
Ketika tidur telanjang, Anda akan merasa tidur yang lebih nyenyak. Hal ini akan membuat otak Anda mengurangi produksi hormon kortisol (hormon stres) saat tidur. Pengurangan produksi kortisol akan diiringi dengan penurunan rasa kelaparan saat bangun pagi. "Jika tidur Anda terganggu, hormon kortisol akan terlalu tinggi, dan ini menyebabkan Anda merasa sangat kelaparan saat bangun pagi. Terkadang rasa lapar ini akan membuat Anda ngemil tengah malam, atau makan berlebihan saat bangun pagi.

5. Lebih percaya diri
Tidur telanjang ternyata juga bisa membuat Anda jadi lebih percaya diri. "Anda bisa merasakan lembutnya seprai dan kesejukan udara, yang akhirnya dapat meningkatkan perasaan seksi Anda. Merasa diri seksi akan membantu Anda untuk meningkatkan kepercayaan diri," ungkap Landa.


Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
Dini
BERITA LAIN: