Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2013, 11:20 WIB

 

KOMPAS.com - Apa yang menentukan kesuksesan seorang perempuan dalam menapaki kariernya? Ternyata bukan sekadar latar belakang pendidikan, prestasi kerja, atau sifat kepemimpinannya. Studi baru mendapati, aspek terpenting yang akan membentuk ambisi perempuan dan menentukan apakah ia akan mampu menaklukkan dunia kerja adalah sosok ayah.

Studi dari University of British Columbia ini mengungkapkan, ayah dengan ide-ide egaliter mengenai jender cenderung akan membesarkan anak perempuan dengan ambisi dalam karier yang lebih tinggi daripada ayah dengan pandangan yang kaku mengenai jender. Ide-ide kesetaraan ini akan terlihat saat ayah mendidik anak perempuannya sejak kecil, meskipun dalam hal yang sederhana. Saling berbagi pekerjaan rumah tangga, misalnya, sudah cukup menunjukkan bagaimana seorang ayah menanggapi peran-peran jender. Tanpa disadari, hal ini akan membentuk nilai-nilai dan pandangan anak mengenai peran jender.

Penelitian ini tidak membuktikan bahwa perilaku ayah menyebabkan ambisi karier anak perempuannya atau sebaliknya, melainkan menunjukkan bahwa anak-anak perempuan akan memandang pada ayah untuk mengukur peran laki-laki dan perempuan dalam masyarakat. Dengan kata lain, pandangan anak perempuan mengenai apa yang terjadi di lingkungannya akan terbentuk dari tindakan-tindakan orangtua, khususnya ayah.

Contoh lain mengenai pengaruh ayah dalam peran jender juga bisa terlihat dari jenis mainan yang disukai anak.

"Ayah yang lebih seimbang akan memiliki anak-anak perempuan yang mungkin saja bermain dengan mainan Transformers ataupun boneka Barbie," ungkap peneliti  Toni Schmader dari University of British Colombia.

Tim peneliti juga mengatakan, butuh penelitian lebih lanjut untuk mengetahui relasi antara ayah dan anak perempuannya. Yang pasti, ayah dan ibu sama-sama memiliki peran dalam kehidupan anak perempuan. Cara orangtua bertindak di rumah juga memainkan peran yang besar dalam mendidik anak perempuan mengenai perannya di dunia, dan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi karenanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com