Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2013, 12:15 WIB

KOMPAS.com – Situs kencan bisa menjadi pilihan untuk menemukan pasangan idaman. Situs yang mempertemukan para lajang ini biasanya meminta sejumlah kriteria untuk “mempromosikan” anggotanya. Namun, tak semua kriteria tersebut berguna dan berdampak besar terhadap keberhasilan Anda dalam mencari pasangan melalui situs kencan .

Psikolog, Dr Christie Hartman, PhD menjelaskan saat Anda mendaftar kencan online, ada dua tujuan utamanya. Pertama, memberitahukan orang lain mengenai diri Anda, kedua memberitahu apa yang Anda cari. Siapa Anda dan apa yang Anda inginkan, itulah tujuan terpenting dalam memaksimalkan situs kencan untuk menemukan pasangan.

Nah, kebanyakan orang yang menggunakan situs kencan, akan terfokus pada menu pembuatan profil. Sejumlah kriteria fisik menjadi dominan. Seperti tinggi badan, berat badan, bentuk tubuh, penghasilan, warna mata, pendidikan, warna cat kuku, hingga cara atau selera berpakaian pun disampaikan. Padahal tak semua kriteria ini dibutuhkan.

Dr Hartman menyarankan, abaikan saja tiga kriteria yang tak berguna saat kencan online karena tak membantu Anda menemukan pasangan idaman, di antaranya:

1. Warna rambut dan mata.
Tak perlu terpaku pada warna mata dan rambutnya. Belum tentu ia menyampaikan kriteria sebenarnya saat membuat profil di situs kencan. Yakinlah di situs kencan Anda akan menemukan pasangan idaman, tanpa perlu membatasi kriteria fisik semacam ini.

2.  Bentuk tubuh.
Apakah bentuk tubuhnya atletis atau sintal, tak ada yang bisa memberikan gambaran pasti tentang hal ini di situs online. Kriteria semacam ini bisa multitafsir. Jadi abaikan permintaan untuk mengisi keterangan mengenai bentuk tubuh saat Anda menjalani kencan online. Berikan saja foto terbaru Anda, karena cara ini akan lebih membantu calon pasangan untuk mengenali Anda. Begitu pun sebaliknya, Anda tentu akan memutuskan tertarik atau tidak dengan seseorang yang menyertakan foto terbarunya dalam situs kencan.

3.  Penghasilan.

Untuk apa orang asing tahu penghasilan Anda? Bahkan bisa jadi yang hanya tahu penghasilan Anda hanya orangtua atau sahabat terdekat Anda.
Penghasilan tak ada kaitannya dengan urusan kencan, apalagi kencan online. Penghasilan hanya diungkapkan saat sudah menjalin hubungan, untuk membangun rasa saling percaya. Meski barangkali sebagian orang merasa dengan mengetahui penghasilan ia bisa mendapatkan gambaran kehidupan seseorang, tetap saja hal ini tak benar-benar dibutuhkan. Pasalnya, penghasilan takkan membantu Anda mencari tahu apakah seseorang cocok untuk Anda atau tidak, termasuk bagaimana ia memperlakukan Anda dalam sebuah hubungan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com