Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/02/2013, 09:37 WIB

KOMPAS.com -  Sukses menjadi salah satu diva Indonesia, dan punya segudang kesibukan tak lantas membuat Rossa berpuas diri. Sadar tak bisa seterusnya eksis di dunia hiburan, Rossa mencoba menjadi seorang pengusaha. Usaha yang dipilihnya pun tak jauh-jauh dari karier yang digelutinya sekarang ini, yaitu bisnis karaoke yang diberinya nama "Diva".

"Siapa pun bisa menjadi seorang wirausahawan, termasuk perempuan. Menjadi wirausahawan juga membantu perempuan, dan khususnya saya, untuk memiliki kemandirian finansial dalam keluarga," ungkap Rossa, di Puro Blowfish Restaurant, Jakarta Selatan, Rabu (30/1/2013) lalu.

Usaha yang dirintis Rossa kini sudah berkembang cukup pesat. Bahkan, tahun ini Rossa menargetkan penambahan rumah karaokenya mencapai 50 outlet. Apa kiat sukses Rossa dalam menjalankan usahanya?

1. Konsisten
Ini syarat yang paling banyak dilupakan para pengusaha. Seringkali mereka tidak konsisten dengan niat awal untuk berbisnis. Menurut Rossa, konsistensi sangat dibutuhkan pengusaha agar bisa menciptakan image yang kuat pada konsumennya. Misalnya, ketika berbisnis kuliner pastikan Anda selalu menjaga rasa dan mutu makanan (konsistensi rasa) sehingga tidak ada pelanggan yang protes karena merasa kualitas makanannya menurun.

Konsistensi dan ketekunan dalam berbisnis akan menjadi bekal yang baik untuk menghadapi semua kendala yang mungkin muncul saat berbisnis. "Dalam hal apa pun, konsisten dan ketekunan sangatlah dibutuhkan. Ini jadi modal utama untuk mendapat kesuksesan," jelasnya.

2. Keyakinan
Keyakinan untuk sukses adalah modal yang baik untuk memotivasi Anda dalam berbisnis. Akan tetapi, penyanyi berusia 34 tahun ini merasa, modal yakin akan sukses saja belumlah cukup. Anda juga harus punya keyakinan bahwa produk Anda akan "menjual". Oleh karena itu, Anda perlu mengenali manfaat, harga, kelebihan, kekurangan, sampai keamanan produk Anda.

Ketika Anda punya keyakinan pada produk yang dijual, secara tak langsung Anda bisa meyakinkan orang lain untuk membeli produk tersebut. "Ketika Anda tak yakin pada produk yang dijual, orang pasti enggan juga untuk membelinya," tambahnya.

3. Total dan fokus
Saat berbisnis Anda tak bisa setengah-setengah. Pastikan Anda serius dan fokus untuk membangun bisnis ini. Dalam berbisnis Anda harus benar-benar sepenuh hati terjun ke dalamnya. Ketika setengah-setengah, usaha yang Anda curahkan pun tak akan maksimal dalam mengembangkan usaha. Hasilnya, ketika menemui kegagalan Anda akan mudah menyerah dan putus asa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com