Selasa, 29 Juli 2014
Berani Berkreasi dengan Crepes?
Senin, 4 Februari 2013 | 16:07 WIB
|
Share:
KOMPAS.COM/WARDAH FAJRI

Kreasi crepes untuk sarapan atau camilan, dari Chef Yuda Bustara, pemandu program televisi Urban Cook di Kompas TV tayang setiap Rabu pukul 7:30.

KOMPAS.com - Crepes merupakan salah satu pilihan makanan yang bisa dikreasikan dengan berbagai cara. Crepes bisa dinikmati sebagai sarapan juga camilan atau hidangan penutup. Anda hanya perlu berani berkreasi dengan makanan populer asal Perancis ini yang terbuat dari tepung sebagai bahan utamanya.

Chef Yuda Bustara mengatakan tak ada batasan untuk mengkreasikan crepes. "Bicara rasa kembali kepada selera, jadi kreasi crepes sangat fleksibel, bisa asin, manis, dikreasikan dengan ragam cara, bisa dengan es krim, buah segar, dan lainnya," tutur Chef Yuda kepada Kompas Female di sela demo masak bersama Ballarini di Pondok Indah Mall, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Chef Yuda yang memandu program televisi "Urban Cook" di Kompas TV ini, meski crepes bebas dikreasikan dengan cara apa saja, keberhasilan memasak crepes dipengaruhi beberapa faktor.

"Cara memasak crepes memengaruhi hasil, juga pemilihan alat masaknya," ungkapnya.

Memasak crepes membutuhkan teknik khusus yakni dengan gerakan memutar wajan untuk membuat lapisan tipis. Karena dibutuhkan alat masak yang tepat, terutama dalam hal ketebalan. Kalau wajan terlalu tebal, panas tak merata masakan tak matang sempurna. Selain itu, pastikan memasak crepes dalam api kecil.

Selain cara memasak dan penggunaan alat masak tepat, masaklah crepes sesuai kebutuhan. Jika ingin menikmati crepes sebagai sarapan, kreasikan crepes dengan makanan mengandung protein seperti telur, sosis, atau kaya serat dengan potongan buah. Sementara jika ingin menikmati crepes sebagai hidangan penutup atau camilan, resep sederhana dengan mentega cukup memenuhi kebutuhan Anda.

Chef Yuda juga memberikan resep sederhana crepes yang bisa disajikan sebagai camilan, berikut ini:

Bahan:
1 cangkir tepung
1 sendok makan gula
1/4 sendok teh garam kasar
1 1/2 cangkir susu
4 butir telur
3 sendok makan mentega tawar, lelehkan.

Cara membuat:
* Menggunakan blender, campurkan tepung, gula, garam, susu, telur, dan mentega.
* Haluskan sampai adonan lembut sekitar 30 detik. Biarkan adonan selama 15 menit atau Anda boleh membuatnya sehari sebelumnya dan simpan dalam lemari es (saat didiamkan gluten akan bereaksi dan menghasilkan adonan yang lembut).
* Dengan wajan crepes, oles dengan sedikit mentega, tuang adonan dan masak sampai kuning  keemasan, balik crepes dan masak kira-kira satu menit lalu sisihkan.
* Masak semua adonan crepes, Anda bisa simpan di lemari es selama dua hari.

 


Penulis :
Wardah Fazriyati
Editor :
wawa
BERITA LAIN: