Sabtu, 1 November 2014
Khasiat Teh Hijau untuk Wajah dan Rambut
Selasa, 5 Februari 2013 | 15:22 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Kandungan tanin yang terdapat pada teh hijau mampu mengurangi bengkak dan mengembalikan kesegaran kulit di sekitar mata.

KOMPAS.com — Minum teh selain bermanfaat untuk kesehatan juga memiliki khasiat lain untuk merawat kecantikan secara alami dan tradisional. Teh hijau memiliki kandungan zat yang sangat banyak dan setiap zat mempunyai peran berbeda bagi tubuh. Berikut beberapa cara menikmati teh untuk kecantikan wajah dan tubuh Anda.

Wajah
Kandungan antioksidan yang dimiliki oleh teh ternyata mampu membuat kulit wajah menjadi lebih terlihat segar dan cerah.

Untuk melembabkan kulit dan menghindari kulit kering, buat masker teh dengan campuran oatmeal dan lemon. Caranya dengan mencampurkan beberapa sendok air teh dengan beberapa tetesan jeruk lemon ke dalam tiga sendok oatmeal. Setelah itu balurkan ke seluruh bagian wajah sambil dipijat ringan dengan gerakan tangan memutar agar aliran darah pada wajah lancar. Setelah itu, diamkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air dingin.

Selain merawat kecantikan kulit wajah, teh hijau pun mampu mengurangi kantong hitam pada bawah mata. Kandungan tanin yang terdapat pada teh hijau mampu mengurangi bengkak dan mengembalikan kesegaran kulit di sekitar mata. Gunakan kantung teh setelah diseduh dengan air panas, kompres di bagian bawah mata, lalu diamkan selama 20 menit.

Rambut
Manfaat teh hijau lainnya adalah mempertahankan keindahan dan kesehatan rambut karena rambut adalah mahkota setiap wanita yang harus selalu dijaga keindahannya. Agar rambut dapat lebih kuat, sehat, dan bersinar, gunakan teh hijau yang telah diendapkan semalaman tanpa gula, lalu gosokkan air teh hijau tersebut pada seluruh bagian rambut. Diamkan selama 15 menit setelah itu bilas dengan sampo. Kandungan pathenol pada teh hijau pun mampu mengurangi rambut pecah dan bercabang.

Tubuh
Satu lagi khasiat teh hijau bagi tubuh, yaitu kandungan antioksidan pada teh mampu menangkal radikal bebas pemicu kerutan. Oleh karena itu, hindari buruknya radikal bebas dengan merawat kulit tubuh dengan teh hijau. Caranya, seduh teh hijau dengan air panas, tunggu hingga dingin setelah itu saring ampas teh hijau dengan kain lembut.

Kemudian kompres bagian tubuh sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan. Cara ini akan mampu menangkal dan melindungi kulit tubuh dari bahaya radiasi sinar ultraviolet B, atau lebih dikenal dengan UVB yang buruk bagi kulit tubuh.

Selain itu, teh hijau mampu menghilangkan bau pada bagian kaki dan ketiak. Gunakan ampas teh hijau yang sebelumnya telah diseduh dengan air panas, tunggu hingga sedikit dingin, lalu usapkan ampas tersebut pada daerah ketiak. Tunggu selama 5 menit, setelah itu bilas. Untuk menetralkan aroma tidak sedap pada kaki, gunakan air seduhan teh hijau lalu rendam kaki selama 20 menit.

(Tabloid Nova/Wisnu Sulistyanto)

 


Editor :
Dini
BERITA LAIN: