Koleksi terbaru ini terinspirasi dari kelompok anak muda di Inggris dan kesukaan mereka terhadap momen travelling selama musim panas. Saat itu, anak-anak muda biasa menjelajah alam sambil melestarikan lingkungan dan tempat-tempat yang mereka kunjungi. Dari inspirasi ini terciptalah gaya nomadik yang terpancar lewat detail yang fungsional. Kekuatan gayanya juga terlihat dari unsur bohemia dalam corak dan material yang dipakai.

Koleksi ini terdiri atas kemeja, mini dress, dan celana jeans untuk laki-laki dan perempuan. Rangkaian jeans untuk pria menampilkan tipe Colour Based yang memberikan efek dual tone pada celananya.  Ada dua fitting yang bisa jadi pilihan, yaitu straight fit dan slim fit. Pilihan warnanya indigo-blue, mid indigo-orange, mid indigo-green, dan dark indigo-blue.

Selain celana jeans, koleksi Spring/Summer 2013 ini juga menghadirkan koleksi kemeja pria. Keunikan koleksi ini antara lain menerapkan gaya reversible (pemakaiannya bisa dibolak-balik), dan two-way collar. Jika ingin tampil lebih santai, Anda bisa memilih kaus dengan grafis logo bendera Inggris, gambar pemandangan, tato klasik, dan poster pertunjukan musik.

Sedangkan untuk koleksi jeans perempuan, Lee Cooper menawarkan jegging dan denim vest yang klasik. Jegging-nya tampil dalam empat warna, yaitu dark indigo, light indigo, red dan petrol. Ada pula Skorts (kombinasi celana pendek dan rok), yang terbuat dari bahan chiffon yang lembut dan ringan.

Customized jeans
Selain meluncurkan koleksi terbarunya, Lee Cooper juga membuka sebuah pop-up shop di atrium Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. "Pop-up shop ini sebenarnya bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang asal mula denim dan sharing tentang Lee Cooper," ungkap Jody Dharmawan, Presiden Direktur Lee Cooper Indonesia, di Plaza Indonesia, Jakata Pusat, Rabu (6/2/2013) lalu.

Pop-up shop ini berlangsung mulai Februari sampai April 2013. Di pop-up store ini, para pengunjung mendapat kesempatan untuk melihat-lihat dan berbelanja semua koleksi terbaru Lee Cooper dalam suasana kota tua London.

"Selama acara ini, Anda juga punya kesempatan untuk berkreasi dan memberi sentuhan personal pada jeans Anda, melalui Bespoke Programme," tambahnya. Dalam program ini Anda bisa menentukan fitting jeans yang diinginkan, dan memilih kancing dan rivet yang tersedia dalam warna perak, tembaga, putih, merah, dan hitam. Selain itu, Anda juga bisa memasang patch label dengan inisial nama Anda sendiri.

Saat launching koleksi baru ini Lee Cooper juga meluncurkan kampanye global "Meet the Makers". Kampanye ini merupakan bentuk penghargaan atas kerja keras para pekerja kreatif di dunia. Untuk itu Lee Cooper Indonesia memilih dua figur muda berbakat, yaitu Poppie Mayiesky (fashionista dan art photographer), dan Farri Icksan (gitaris utama band The S.I.G.I.T). Keduanya dinilai mampu berkarya menembus batas-batas konvensional dalam dunia kerja yang digelutinya.