Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2013, 16:11 WIB

KOMPAS.com - Meski belanja online memudahkan, faktor keamanan kerap membuat calon pembeli membatalkan niatnya bertransaksi melalui situs belanja online. Selain memerhatikan lima faktor belanja online yang aman, langkah lain yang bisa mengatasi kekhawatiran adalah mengenali toko online yang benar-benar memberikan keamanan dan kenyamanan.

Pemilik toko online, Agus Tjandra mengatakan situs belanja yang dikenal baik dan memiliki reputasi positif bisa memberikan rasa aman pada calon pembeli. Meski begitu, ada beberapa ciri toko online yang juga sebaiknya diperhatikan, di antaranya:

1. Situs diawali dengan https.

Carilah tanda kalau situs web itu aman, Pastikan pada saat pembayaran Anda melihat tanda bertuliskan https. Salah satu tanda bahwa kita benar berada dalam situs yang aman adalah alamat web-nya diawali dengan "https://....", tanda "s" adalah secure (aman).

2. Ikon gembok terkunci.
Perhatikan juga bagian bawah browser terlihat ikon gembok yang terkunci. Jika tidak ada tanda-tanda itu, kemungkinan besar Anda bertransaksi dalam situs yang tidak aman. Artinya, sangat mungkin data Anda “diintip” apa adanya, tanpa adanya enskripsi data kartu kredit, sehingga data pribadi Anda bisa dilihat dengan mudah. Jika di-klik pada gembok tersebut terlihat dengan jelas idenditas perusahaan tersebut secara legal.

3. Mencantumkan logo partner.
Pada footer di bagian bawah website terdapat beberapa logo partner, misalnya Verisign, 3D Secure, Visa, MasterCard, dan bank-bank pendukung. Logo Visa dan Mastercard, ini menandakan pembayaran bisa menggunakan kartu kredit yang berlogo salah satunya, Visa atau Mastercard. 3D Secure merupakan PIN yang akan dimasukkan kembali (sebagai password kedua), setelah Anda menginput kartu kredit di website tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com