Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2013, 09:04 WIB

KOMPAS.com - Busana batik kini sudah semakin beragam modelnya, dan banyak disukai kalangan muda. Untuk menghasilkan gaya yang lebih chic dan stylish, anak muda biasanya menggunakan aksesori.

"Biasanya, aksesori yang dipakai adalah kalung dan ikat pinggang," ungkap desainer aksesori Rinaldy A. Yunardi kepada Kompas Female saat pembukaan Iwan Tirta Private Collection di Senayan City. Karena batik sudah punya motif yang ramai, ada baiknya Anda berhati-hati karena salah pilih aksesori bisa membuat tampilan Anda terlihat berlebihan.

Berikut tip padu padan aksesori dengan batik menurut Rinaldy.

1. Desain simpel
Di toko kita bisa menemukan aksesori dengan berbagai macam desain yang unik, dari yang simpel sampai rumit. Namun, "Hindari memilih desain aksesori yang berdesain rumit," sarannya. Desain aksesori yang penuh dan memiliki banyak detail akan membuat tampilan Anda terlihat penuh dan berat. Jika ingin memilih aksesori yang pas untuk busana batik, Anda bisa memilih aksesori yang polos, atau aksesori dengan detail kecil di bagian pinggirnya (bingkai).

2. Pilihan warna
Pilihan warna aksesori yang akan dikenakan dengan busana dari batik akan sangat menentukan keseluruhan tampilan Anda. "Warna yang paling tepat adalah emas dan perak," tambahnya. Pemilihan warna emas dan perak ini dinilainya akan memberikan penampilan yang lebih mewah. Selain itu emas dan perak adalan warna yang netral dan menyatu dengan warna batik apa pun sehingga tidak terlihat norak.

Baca juga:
Aksesori Perak: Mau Anggun atau Nyentrik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com