Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2013, 16:30 WIB

KOMPAS.com – Mendengar nama SapuLidi mungkin akan mengingatkan Anda pada nama restoran di Bandung yang memiliki konsep menyatu dengan alam, di mana Anda diajak menikmati pengalaman makan di tengah sawah. SapuLidi Resort Ubud, Bali, juga memiliki konsep seperti Bandung. Bedanya, yang Anda nikmati bukan hidangan melainkan serangkaian perawatan spa di saung, dengan pemandangan sawah, udara yang segar, dan kicauan burung yang menentramkan hati.

“Biasanya spa dilakukan di dalam ruangan dengan pemandangan terbatas dan suara rekaman alam seperti kicauan burung atau gemericik air. Di sini konsepnya Anda akan diberikan pengalaman perawatan kecantikan di alam bebas dengan pemandangan luas, dan suara kicauan burung asli,” kata Bob Doank, pendiri sekaligus pemilik SapuLidi Resort Ubud, Bali, saat soft launching pada Kamis (7/2/2013) lalu.

Resor spa ini menempati areal seluas 7 hektar, dengan fasilitas seperti kolam renang umum, kolam renang pribadi, saung spa pribadi, hiking track, yoga, art lesson, dan cycling resort.

“Saya hanya akan mengisi lahan 7 hektar ini dengan bangunan maksimal 20 persen, di mana saat ini sudah berdiri 20 villa dengan tema berbeda setiap kamar,” tutur Bob saat bincang-bincang dengan media.

Spa dibangun dengan konsep yang eksklusif, sehingga pembukaannya pun menghadirkan Miss Universe 2012 yang tengah berkunjung ke Indonesia. Pembukaan diresmikan dengan penandatanganan prasasti oleh Olivia Culpo, serta dilanjutkan oleh gala dinner yang meriah. Para pejabat daerah Bali turut menghadiri acara ini, begitu pula Chef Juna Rorimpandey, aktor lawas Pierre Gruno, Puteri Indonesia Whulandary, dan Runner-Up 2 Puteri Indonesia Cok Istri Krisnandra Widani.

Bajang Jegeg

Villa Bajang Jegeg yang artinya perawan cantik, yang didedikasikan untuk Miss Universe 2012, Olivia Culpo. Selama di Bali ia menginap di kamar ini.

“Rencananya hanya akan dibangun 80 villa dengan private pool, dan itu tidak akan memakan lebih dari 20 persen luas lahan. Sisanya akan tetap menghadirkan alam asli Ubud,” papar pengusaha yang akrab dipanggil Pak Bob ini, menjelaskan konsep tata ruang untuk resornya.

Ia sengaja memaksimalkan lahan hanya sebanyak 20 persen, agar kondisi asli alamnya tetap terjaga. “Hal ini bukan hanya untuk menjaga konsep bangunan dengan tanaman hijau, melainkan juga untuk menjaga keasrian alam dan habitatnya,” lanjut Pak Bob.

“Saat ini saya sedang mengembangkan bahan perawatan yang dihasilkan dari alam sekitar resor. Nantinya pelanggan spa akan menyaksikan sendiri bahan yang digunakan untuk merawat kecantikannya, yang diambil dari alam dan diracik sendiri,” tambahnya.

Bob mengakui untuk mengembangkan hal ini perlu waktu. Bukan hanya untuk menanam dan mengembangbiakkan tanaman tersebut, tetapi juga agar bahan campurannya menghasilkan aroma yang terbaik.

"Misalnya saja minyak kelapa, bahan itu baik untuk kulit. Namun jika minyak kelapa saja mungkin aromanya tak terlalu menyenangkan. Kalau sudah dicampur bahan alam lain baru bisa menghasilkan aroma nikmat, tanpa mengurangi khasiat minyak kelapa dan nilainya yang alami."

Saat menghabiskan waktu untuk menikmati spa di SapuLidi, Anda tak sekadar merawat kecantikan tapi juga konsep wellness secara keseluruhan. Di sini akan ada kelas yoga, dan kelas melukis akan sudah menyediakan kanvas dan alat-alatnya. Bila Anda belum pernah melukis di kanvas atau belum pernah melukis, akan didampingi dengan tutor sebagai pembimbing.

Untuk fasilitas kebugaran, selain yoga SapuLidi juga menyediakan hiking track yang luas, dan track untuk bersepeda. Tapi Anda jangan berharap ada fasilitas gym dengan segala peralatannya. Konsep SapuLidi sangat alam, jadi olah tubuhnya pun dipilih yang menyatu dengan alam bebas.

"Gym tak terlalu cocok di sini, tapi kami sudah menyediakan hiking track dengan jalanan yang tidak rata, karena Anda harus benar-benar berjalan di alam. Saya rasa itu cukup melatih seluruh otot tubuh. Bila kurang mungkin saya lebih setuju dengan konsep memanjat pohon. Saat memanjat seluruh otot tubuh bergerak. Nanti akan disediakan instrukturnya," ujar pengusaha yang juga seorang seniman ini.

private pool

Private pool yang tersedia di setiap villa.

“Setiap orang punya masalah sehingga mengalami ketidakseimbangan dalam dirinya. Saya harap spa ini bisa mengembalikan ketidakseimbangan tersebut. Mungkin itu akan terasa dengan adanya pegal-pegal di bagian pundak atau punggung, dan kami akan menyediakan pemijat yang memang ahli,” kata Bob. 

Semua perawatan ini menurut Bob akan dijadikan satu paket dengan penginapan. Harga yang ditawarkan paket tersebut mulai 350 dollar Amerika per malam. Anda berminat?

FOTO-FOTO: SAPULIDI RESORT UBUD, BALI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com