Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2013, 17:54 WIB

KOMPAS.com - Cream cheese biasanya digunakan sebagai bahan utama pembuat cheese cake. Kalau ada sisa krim keju setelah membuat cheese cake, sebaiknya diolah sebagai apa?

Dengan sedikit kreativitas Anda bisa membuat makananan lain yang lebih nikmat dengan krim ini. Karena pada dasarnya, krim keju bisa digunakan sebagai campuran untuk makanan gurih atau manis. Berikut beberapa cara kreatif untuk memanfaatkan sisa krim keju Anda.

1. Buat saus celupan
Tak hanya tomat yang bisa dibuat menjadi saus celupan, tetapi juga krim keju. Penambahan krim keju ke dalam saus tomat akan menambah citarasa dan kedalaman rasa saus. Caranya, campurkan krim keju dengan saus tomat atau saus sambal, kemudian tambahkan irisan peterseli untuk menambah rasa. Jika tak ingin rasa yang pedas, Anda cukup mencampur krim keju dengan sedikit minyak zaitun, cincangan peterseli, tumisan jamur, atau tumisan bawang yang gurih. Saus ini sangat cocok disantap dengan keripik jagung, nachos, atau kentang goreng.

2. Campuran saus marinara

Salah satu saus pasta favorit adalah saus marinara. Untuk menghadirkan saus marinara yang lezat, Anda bisa menambahkan krim keju ke dalamnya.  Saat saus marinara instan Anda sudah panas di penggorengan, tambahkan krim keju ke dalamnya. Beri beberapa tambahan daging atau jamur sesuai kesukaan Anda.

3. Campuran frosting
Apa hiasan favorit untuk menghias red velvet cake atau cupcake Anda? Biasanya whipped cream menjadi penghias yang paling favorit karena enak dan mudah dibuat. Nah, untuk menambah kenikmatannya, Anda bisa mengganti whipped cream dengan krim keju yang sudah dikocok. Setelah teksturnya agak lembut, Anda bisa memasukkannya dalam piping bag dan menghiasnya di atas cupcake.

4. Campuran kentang tumbuk
Krim keju yang dicampur dengan irisan peterseli akan menjadi pasangan yang tepat untuk menyantap mashed potato (kentang tumbuk). Sajikan krim keju di sebelah kentang tumbuk yang hangat. Agar rasanya tak terlalu berlebihan, tak perlu mencampur susu atau krim terlalu banyak.

5. Olesan sandwich
Bosan dengan olesan saus dan mentega untuk sandwich? Ganti saja olesannya dengan krim keju ini. Krim keju bisa memberi rasa gurih dan nikmat jika disandingkan dengan daging asap, atau ayam panggang. Setelah dioles ke roti, tutup sandwich dengan roti yang sudah dipanggang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com