Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2013, 14:57 WIB

KOMPAS.com - Ingin meningkatkan kualitas kehidupan seks atau hanya sekadar ingin mengembalikan mood bercinta? Mulailah rutin olahraga. Selain meningkatkan kebugaran, olahraga juga bisa membantu Anda untuk menambah keintiman dengan pasangan. Nah, gerakan olahraga berikut ini bisa membantu Anda meningkatkan gairah bercinta.

1. Squats
Anda mungkin tahu bahwa gerakan ini bisa membantu mengecilkan paha dan mengencangkan bokong. Ternyata, gerakan ini juga bisa membantu meningkatkan energi dan libido saat bercinta. "Gerakan ini akan membantu Anda untuk meningkatkan dan memperlancar sirkulasi darah ke daerah genitalia," ungkap Debbie Mandel, MA, penulis buku Addicted to Stress: A Woman's 7-Step Program to Reclaim Joy and Spontaneity in Life.

Berdirilah dengan tegak, kemudian buka kaki selebar bahu. Posisikan kaki dan bokong seperti posisi duduk di kursi. Semakin rendah posisi kaki, Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih banyak. Beri tekanan pada kaki sambil arahkan tangan ke depan. Lakukan perlahan dan ulangi 15-30 kali.
01-10-exercises-for-better-sex_medium-1


2. Happy baby pose
Saat bercinta seringkali Anda mengalami sakit punggung, atau sakit kaki. Untuk mengatasi hal ini, ahli kebugaran Martha Montenegro menyarankan untuk melatih otot punggung agar lebih lincah saat bercinta dan mengurangi keluhan sakit punggung dan kaki. "Salah satu alasan yang menyebabkan nyeri punggung adalah karena tekanan pada paha dan pinggul yang terlalu tinggi. Sakit ini tidak akan berkurang meskipun Anda sudah beristirahat. Latihan ini bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa sakit," ungkapnya.

Berbaringlah telentang, kemudian tekuk lutut ke arah dada Anda. Kemudian pegang ujung kaki dengan kedua tangan. Sejajarkan pergelangan kaki dengan lutut sehingga punggung tegak lurus di lantai. Tahan pose antara 3-5 menit.

100673036
3. Pelvic tilts

Panggul merupakan daerah yang paling berperan saat sedang berhubungan seks. Namun, daerah ini juga jadi bagian yang paling sering terasa sakit. "Punggung bagian bawah seringkali sakit setelah berhubungan seksual. Ini akan sangat memengaruhi posisi seksual," ungkap Mandel.

Berbaringlah telentang dengan lutut ditekuk, dan telapak kaki mendatar. Kemudian, letakkan tangan di samping tubuh. Naik-turunkan panggul sehingga tubuh membentuk posisi jembatan (bridge pose). Tahan otot perut sementara panggul naik, kemudian perlahan-lahan turunkan ke lantai. Ulangi 20-25 kali. "Cara ini akan membantu memberikan kekuatan dan memperkuat panggul," tambahnya.

103313046
|
4. Biceps curls

Anda membutuhkan lengan yang kuat untuk mempraktikkan beberapa posisi seks tertentu. Latihan yang disarankan adalah biceps curls untuk meningkatkan kekuatan otot bisep Anda. "Penelitian medis menunjukkan bahwa hormon testosteron memiliki peran dan dorongan seksual, baik pada laki-laki dan perempuan. Seorang perempuan dengan testosteron rendah memiliki libido yang rendah juga. Untuk meningkatkannya, latihan kekuatan terutama di lengan bisa meningkatkan hormon ini," tambahnya. Latihan angkat beban rutin sesuai kemampuan tidak akan membuat otot lengan jadi besar, kok.

04-10-exercises-for-better-sex_medium-1

5. Tandem stationary lunges
Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa pasangan yang sering berolahraga akan memiliki kehidupan seks yang lebih baik. "Jika enggan olahraga sendiri, lakukan saja olahraga tandem bersama si dia. Variasi olahraga yang romantis akan membantu Anda untuk meningkatkan hubungan dan seks," kata Mendel.

Berdirilah sebelahan kemudian silangkan tangan kanan Anda dengan tangan kiri pasangan. Kemudian lakukan gerakan menekuk lutut bersama-sama. Dengan satu kaki ke depan dan satu di belakang, tekuk lutut perlahan. Namun pastikan kedua lutut ini membentuk sudut 90 derajat. Lakukan 2-5 kali pengulangan.
05-10-exercises-for-better-sex_medium-1

6. Kegel
Jangan lupakan untuk berlatih kegel saat ada di gym. Latihan ini akan membantu menguatkan otot panggul. Melatih otot ini akan membantu Anda meningkatkan kepuasan seksual. "Latihan kegel akan meningkatkan kontraksi dan relaksasi otot panggul Anda. Latihan ini akan membantu meningkatkan otot vagina yang bermanfaat untuk kepuasan seksual yang lebih besar dan orgasme. Selain itu, ini juga bisa membantu mencegah inkontinensia (ketidakmampuan menahan urin dalam kandung kemih) dan prolapse pelvis pada perempuan (panggul turun)," ungkap Karena Dawn, personal trainer di Los Angeles. Kegel bisa dilakukan minimal lima menit setiap hari.

77005123
7. Ab rolls
"Latihan ini akan menambah kekuatan Anda untuk menahan berat badan pria saat bercinta, tanpa harus menyebabkan nyeri punggung," ungkap Montenegro. Ia beranggapan bahwa latihan yang tepat untuk menambah kekuatan ini adalah roll in, roll out pada bola stabilitas.

Caranya, posisikan tubuh pada seperti posisi push-up dengan menempatkan tulang kering kaki pada bola stabilitas. Jaga agar punggung tetap lurus. Gulirkan bola perlahan-lahan sambil menekuk kaki sampai lutut menyentuh bagian dada, lalu gulirkan lagi ke belakang hingga kaki lurus kembali. Gunakan otot kaki dan perut untuk membawa bola ke bagian depan tubuh. Ulangi pose ini sampai 10 kali.
07-10-exercises-for-better-sex_medium-1
8. Plank pose
Salah satu jenis olahraga yang membuat Anda merasa lebih seksi dan kuat adalah plank pose. Latihan ini merupakan satu bagian dari latihan inti yoga. "Latihan ini akan bekerja di bagian atas tubuh, perut, paha, dan bokong. Ini adalah otot penting yang akan membantu menstabilkan tubuh ketika Anda sedang bercinta dalam berbagai posisi, termasuk saat Anda sedang dalam masa transisi dari satu posisi ke posisi lain," ungkap psikiater Madeleine Castellanos, MD.

Ambil posisi seperti sikap push up, kemudian bengkokkan siku tangan Anda sehingga Anda bertumpu pada siku. Pastikan punggung Anda dalam posisi lurus. Tahan posisi ini selama 10 detik kemudian bersantailah selama beberapa detik sebelum mengulanginya. Ulangi latihan ini sampai 10 kali.
Sportswoman practicing yoga
9. Bridge pose
Posisi yoga lainnya yang bisa meningkatkan kenikmatan seksual adalah bridge pose. "Latihan ini akan membantu menguatkan punggung bawah, otot lengan, dan paha belakang," ungkap Castellanos. Ia menambahkan bahwa gerakan ini akan meningkatkan pengalaman seksual perempuan karena bisa menambah kekuatan dan ketahanan otot tubuh saat bercinta.

Berbaringlah telentang, kemudian tekuk lutut Anda. Letakkan lengan di samping tubuh dan usahakan untuk memegang kaki. Angkat pinggul Anda ke atas sampai hanya bagian punggung atas, bahu, lengan, dan telapak kaki yang menyentuh lantai. Tahan posisi ini selama 10 detik, kemudian turunkan kembali ke lantai. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com