Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/02/2013, 11:26 WIB

KOMPAS.com - Indonesia Fashion Week 2013, ajang pameran produk mode, pagelaran busana, kompetisi, workshop, dan seminar mode, hari ini, Kamis (14/2/2013) resmi dibuka. Digelar mulai 14–17 Februari 2013 di Jakarta Convention Center, Indonesia Fashion Week (FW) kembali hadir untuk memberikan berbagai inspirasi mode bagi berbagai kalangan.

IFW menjadi satu-satunya ajang yang mengombinasikan fashion show dan pameran dagang di Indonesia. Event ini tidak hanya merupakan ajang sosialisasi tren mode terbaru, tetapi juga sebagai ruang pamer bagi produk fashion terlengkap. Berbagai elemen menyatu di ajang ini, dari desainer, akademisi, asosiasi, bisnis, dan pemerintah.

Industri fashion lokal saat ini memang memiliki potensi yang besar untuk berkembang. Kekayaan budaya yang tiada habisnya, ditambah kreativitas dan inovasi para pekerja mode di Indonesia, menjadi bekal untuk mencapai tujuan utama: menjadikan Indonesia sebagai salah satu pusat mode dunia pada tahun 2025.

Tahun ini, IFW juga memantapkan diri menjadi bagian dari fashion week dunia. Hal ini ditandai dengan bergabungnya IFW dengan World Fashion Week yang berpusat di New York, Amerika, dan International Fashion Week yang berpusat di Brisbane, Australia. Untuk itu IFW akan mengadopsi standar fashion week dunia, baik dalam segi skala pameran maupun kualitas produk seperti produk berkonten lokal namun berdesain global.

Sebanyak 503 brand, 208 desainer, 34 sponsor, dan 218 model, akan berpartisipasi dalam event ini. Akan hadir pula tamu istimewa World Fashion Week yang merupakan bagian dari World Fashion Organization, yaitu Paco De Jaimes. De James membawa empat desainer dunia dalam event ini: Samuel Cirnansck (Brazil), Melinda Looi (Malaysia), Addy van den Krommenacker (Belanda), Camilla Wellton (Swedia),”

"Indonesia Fashion Week ini menjadi etalase fashion Indonesia. Dunia fashion sudah maju, tapi masih bergerak ke arah berbeda, tidak pada satu titik tujuan," demikian komentar Taruna Kusmaryuda Kusmayadi, Ketua APPMI dalam upacara pembukaan IFW, di Jakarta Convention Center, Kamis (14/2/2013).

IFW yang diselenggarakan oleh APPMI (Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia) kali ini menawarkan konsep yang segar. Pagelaran busana yang digelar setiap hari memiliki tema yang berbeda. Pada hari pembukaan, event akan menampilkan tema "Avant Garde, Cocktail, & Party". Sejumlah perancang akan menampilkan koleksi yang sesuai dengan tema tersebut, yaitu Ivan Gunawan, Auguste Soesastro, Jeanny Ang, juga Denny Wirawan, Rudy Chandra, dan Sofie, yang akan tampil sepanggung dengan desainer Malaysia, Melinda Looi.

Hari kedua (15/2/2013) tema yang diangkat adalah "Muslim Wear", yang antara lain akan menampilkan karya perancang Swedia Camilla Welton dalam satu panggung dengan Jeny Tjahyawati, Nuniek Mawardi, dan Ria Miranda. Koleksi busana pria akan menjadi titik perhatian pada hari ketiga (16/2/2013) yang mengangkat tema "Men's & Urban Contemporer, menghadirkan Ichwan Thoha dan Stella Rissa, Ardistia New York dan Samuel Wattimena, serta Deden Siswanto, Oka Diputra, Tri Handoko, Dave Hendrik, bersama perancang Belanda Addy van den Krommenacker. Sedangkan pada hari terakhir (17/2/2013) temanya "Casual Wear", menampilkan Lenny Agustin, Poppy Dharsono dan perancang Brasil Samuel Cirnansck, serta Sebastian Gunawan dan Christina.

Indonesia Fashion Week mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah.

Hadir dalam acara pembukaan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu, memberikan kata sambutannya, "Banyak kemajuan yang signifikan pada penyelenggaraan IFW tahun ini. Terlihat dari penampilan jumlah peserta, makin banyaknya brand serta desainer yang bergabung serta kehadiran representasi World Fashion Week."

Jadwal acara Kamis, 14 Februari 2013
09.30     Opening Ceremony (Plennary Hall)
13.00     Parade Fashion "Stylopedia" (Plennary)
Menampilkan: Gregorius Vici - Nevi Kusuma - Stephanus Hamy - Bintang Mira Afriningrum - Susan Zhuang - Vielga Wennida - Nefrin Fadlan - Dini Pratiwi Irawati - Jimmy Fei Fei - Sugeng Waskito - Yanti Moeljono - Elok Rege Napio - Ferry Daud - Qonita Gholib - Isyanto - Pulung Rina Puspita - Dewi Syifa - Lani Teule - Sunita And Chakshu - Samuel Humspain - Priscilla Saputro - Djoko Sasongko - Malik Moestaram - Fonny Tunggal - Ayok Dwi Pancara - Harry Lam - Zainal Songket - Defrico Audy - Selvy - Phillip Iswardono - Marga Alam - Harry Ibrahim    
15.30     Fashion Show Ivan Gunawan, "Malolo, A Journey to Mandar" (Plennary Hall)
17.30     Fashion Show Auguste Soesastro, "Fashion to Attraction" (Plennary Hall)     
              Fashion Show Jeanny Ang, "Beauty Discovery" (Plennary Hall)  
19.30     Melinda Looi (Malaysia)-Denny Wirawan-Rudy Chandra-Sofie, "Renown Culture" (Plennary Hall)  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com