Jumat, 31 Oktober 2014
3 Penyebab Cake Jadi Bantat
Jumat, 15 Februari 2013 | 16:48 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Perhatikan beberapa syarat ini agar kue tak bantat

KOMPAS.com - Anda pasti kesal jika sudah bersusah-payah membuat kue, ternyata hasilnya malah bantat, kempes, dan permukaannya retak. Aduh, kenapa ya bisa begini? Jangan cepat menyerah, karena bisa jadi ada beberapa kesalahan yang tanpa sengaja Anda lakukan.

1. Baking powder sudah tidak "segar"

Saat membuat kue, baking powder berfungsi untuk mengembangkan adonan kue. Karena dikemas dalam wadah plastik yang kering, biasanya orang berpikiran bahwa baking powder ini bisa tahan lama. Padahal, walau belum masuk kadaluarsa, bisa jadi kekuatan baking powder ini tak sekuat dulu.

Baking powder yang sudah terlalu lama akan membuat kue tidak mengembang. Cek dulu kekuatan dan reaksi baking powder sebelum mencampurkannya ke dalam adonan. Cara mengujinya cukup mudah, masukkan saja sedikit baking powder ke dalam air panas. Jika tidak ada gelembung udara yang terbentuk atau tak ada reaksi sama sekali, berarti baking powder ini sudah tidak berfungsi lagi.

2. Tidak teliti baca resep
Perhatikan betul tata cara pencampuran, takaran, dan proses membuat kue yang tertulis dalam resep. Pastikan takaran semua bahan ini diukur dengan tepat. Hindari juga overmixing karena bisa membuat kue bantat. Beda dengan memasak jenis makanan lain, membuat kue adalah sebuah ilmu pasti. Untuk mencapai hasil yang sempurna sebaiknya ikuti resep dengan teliti.

3. Hindari membuka-tutup oven
Jangan terlalu sering membuka dan menutup oven saat memanggang. Buka-tutup akan membuat suhu udara dalam oven tak stabil, akibatnya kue tak bisa mengembang sempurna.


Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
Dini
BERITA LAIN: