Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/02/2013, 16:44 WIB

KOMPAS.com - Indonesia Fashion Week (IFW) 2013 berlangsung empat hari dengan tema berbeda setiap harinya. Pada hari kedua, 15 Februari 2013, IFW 2013 menghadirkan ragam kegiatan seputar busana muslim. Selain menampilkan ragam koleksi busana muslim rancangan desainer muda dan ternama Indonesia, aneka kegiatan yang memberikan inspirasi berbusana muslim, terutama berkerudung, juga berlangsung di area Main Lobby Jakarta Convention Center.

Di panggung busana, ratusan model busana muslim ditampilkan. Setiap brand dan desainer menghadirkan ragam pilihan koleksi sesuai karakter dan selera. Meski berbeda gaya, sebagian besar desainer menampilkan busana muslim dengan warna-warna pastel. Warna-warna lembut inilah yang menjadi tren busana muslim untuk 2013 bahkan bisa bertahan hingga 2014.

Dian Wahyu Utami dengan brand Dian Pelangi tampil dalam Fashion Parade IFW 2013 menampilkan koleksi edisi terbatas, terinspirasi padang pasir Afrika. Koleksi yang dipersiapkannya dalam seminggu ini menggunakan bahan sifon yang ringan, dengan warna hangat namun tetap menunjukkan karakter Dian Pelangi yang berani bermain warna dalam satu set busana. Warna hangat koleksi Dian Pelangi pun mewakili tren warna pastel pada busana muslim.

Merek busana muslim ternama, Shafira, juga menampilkan warna pastel dalam koleksi terbarunya Jardin de la Sultana. Koleksi ini terinspirasi dari landscape garden, ikon istana Alhambra di Granada Spanyol. Shafira menerjemahkan tren warna pastel 2013 dengan nuansa berbeda. Koleksi evening wear yang ditampilkan Shafira dalam IFW 2013 hadir dengan warna pastel hasil percampuran warna rekayasa komputer. Sebanyak 72 set busana koleksi 2013 ini didominasi warna lembut, menghadirkan warna pastel dengan sentuhan teknologi.

Jeny Tjahyawati dengan brand Jeny juga menampilkan warna pastel dalam pagelaran busana bertema Sweet Royale. Busana muslim termasuk kerudung dengan teknik makram hadir dengan warna lembut, didominasi pink.

"Warna pastel menjadi tren 2013-2014 termasuk untuk busana muslim," ungkapnya saat jumpa pers jelang show.

Sementara bagi Nuniek Mawardi yang tampil mengangkat lurik, tren warna pastel tak berdiri sendiri. Dalam rancangannya, ia menampilkan warna new reinessance, warna pastel yang dipadukan dengan warna kuat.

Setiap desainer menerjemahkan tren warna pastel pada busana muslim dengan gaya dan karakternya masing-masing. Anda punya banyak pilihan untuk menemukan gaya personal dalam berbusana muslim. Jika tak sempat melihat langsung pagelaran busana muslim, Anda masih bisa menemukan inspirasi gaya busana muslim di area pameran Indonesia Fashion Week 2013 yang buka hingga Minggu, 17 Februari 2013.

 busana-muslim

Koleksi busana muslim Shafira, Jeny Tjahyawati, Ria Miranda di Indonesia Fashion Week 2013. (FOTO: KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com