Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2013, 13:16 WIB

KOMPAS.com – Selama ini Anda kesulitan dalam menemukan produk kosmetik yang cocok. Selalu saja ada yang salah: wajah menjadi berjerawat, atau timbul rasa gatal-gatal setelah berdandan.

Bila sudah mencoba segala jenis produk kosmetik namun tak pernah menemukan yang pas, mungkin Anda mengalami gejala semacam alergi yang disebut intoleransi kosmetik. Perempuan dengan intoleransi kosmetik tidak dapat memakai make-up. Meski terdengar kurang menyenangkan, kondisi ini harus Anda terima karena tak bisa dihindari.

Dr Lilik Norawati, SpKK, ahli dermatologi dari RSPAD Gatot Subroto Jakarta, tidak menganjurkan Anda memaksakan tampil dengan make-up atau produk kosmetik yang tidak cocok jika mengalami intoleransi kosmetik. Hal ini akan menimbulkan permasalahan kulit yang tak berkesudahan. Cara mengetahui apakah Anda memiliki intoleransi ini atau tidak cukup mudah, yaitu jika Anda selalu bermasalah dengan produk kosmetik.

“Apa saja yang dioleskan ke wajah akan menimbulkan reaksi yang tak menyenangkan. Wanita yang memiliki ini harus benar-benar jeli dalam memilih produk kosmetik,” ujar Nora, panggilan akrabnya, pada Kompas Female, usai acara Dove di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Kamis (21/2/2013) lalu.

“Wanita yang memiliki kondisi ini hanya disarankan untuk menggunakan pelembab yang polos tanpa kandungan bahan aktif, kecuali glycerin. Untuk tabir surya pilih yang sunblock fisik, bukan sunblock kimia," lanjutnya.

Cara membedakan dua jenis sunblock tersebut adalah dari cara kerjanya melindungi kulit Anda.  Sunblock fisik bekerja dengan cara memantulkan sinar UV, sedangkan sunblock kimia bekerja dengan menyerap sinar UV dan menyebarkannya pada kulit.

Nora juga menyarankan untuk melakukan tes terlebih dahulu sebelum membeli kosmetik. Caranya, oleskan produk kosmetik tersebut pada kulit samping mata Anda tiap malam selama lima hari berturut-turut. Bila selama itu tidak mengalami masalah berarti produk tersebut cocok untuk Anda.

“Untuk bedak sebaiknya hanya menggunakan bedak tabur dan foundation cair yang mengandung silikon. Untuk blush on saya menyarankan menggunakan eyeshadow warna pink saja,” pungkas Nora.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com