Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2013, 13:59 WIB

KOMPAS.com – Rajin merawat rambut dengan keramas, membubuhkan kondisioner, hair tonic, dan perawatan salon seperti hair spa atau creambath adalah cara yang biasa dilakukan untuk memperindah rambut.

Namun agar rambut dapat tumbuh lebat dan meregenerasi dengan baik, sel-sel rambut juga butuh asupan bernutrisi yang menguatkan dari dalam. Baru-baru ini, L’Oreal mengeluarkan rangkaian produk yang merupakan jawaban atas solusi seputar permasalahan rambut rontok.

Hasil penelitian dari L’Oreal Paris menemukan bahwa masalah rambut rontok harus ditangani tuntas sampai ke akarnya. Menutrisi akar rambut akan membuatnya kuat, bahkan sampai ke batang hingga ujung rambut. Kemampuan akar rambut untuk menyerap nutrisi dengan baik membutuhkan bantuan Arginine asam amino esensial yang terdapat pada folikel rambut. Tanpa asam amino essensial, rambut tidak dapat tumbuh sehat.

“Asam amino semi esensial seperti Arginine juga terdapat dalam makanan seperti kedelai, seafood, dan dairy product. Hanya saja kita tidak tahu dengan pasti jumlah yang dihantarkan pada tubuh untuk rambut,” ulas ahli dermatologi dr Eddy Karta, SpKK, saat peluncuran L’Oreal Paris Fall Repair 3X di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (7/3/2013) lalu.

Menurut Eddy, rambut dianggap tubuh sebagai organ yang kurang penting karena merupakan organ mati. “Bila rambut organ hidup, kita akan kesakitan setiap kali potong rambut,” jelas Eddy.

Ia pun menjelaskan bahwa asam amino semi esensial seperti Arginine bisa diproduksi oleh tubuh lewat makanan yang disebutkan di atas tadi. Namun untuk sampai ke rambut dibutuhkan penghantar yang baik. “Penghantar nutrisi dalam tubuh adalah darah. Jadi kelancaran peredaran darah juga penting agar nutrisi yang kita makan dan dibutuhkan rambut sampai pada tujuan,” lanjutnya.

Eddy sangat menganjurkan untuk juga berolahraga teratur untuk melancarkan peredaran darah. “Pilih olahraga aerobik yang memompa jantung. Tak perlu high impact, yang penting membuat jantung Anda terpompa," ujar Eddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com