Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2013, 12:41 WIB

KOMPAS.com - Ketika terlalu lama berada di bawah sinar matahari, biasanya kulit akan terbakar. Kulit berubah kemerahan dan perih selama beberapa hari. Keadaan ini akan semakin parah ketika Anda tidak menggunakan krim tabir surya.

Jika sudah terlanjur mengalami kulit terbakar atau sunburn, Anda bisa mengobatinya dengan berbagai produk bahan alami seperti yogurt, cuka, susu, dan teh. Namun, teh merupakan pelembab alami yang paling dianjurkan untuk membantu mengatasi sunburn. Kandungan tannic acid di dalam teh bisa membantu meredakan gejala kulit terbakar. Jika ingin mencoba menggunakan teh untuk mengatasi kulit terbakar, simak caranya berikut:

1. Seduh teh dalam air hangat. Kemudian dinginkan dan masukkan dalam lemari es. Kemudian tuang ke dalam baskom dan celupkan handuk ke dalamnya. Letakkan handuk basah ini ke bagian kulit yang terbakar. Diamkan 30 menit.

2. Ambil teh kantung celup yang sudah dibasahi. Kemudian dinginkan dalam lemari es. Setelah itu, tempelkan kantung teh dingin ke kulit terbakar dan diamkan 20 menit. Bilas dengan air dingin.

3. Jika area yang terbakar cukup luas, sebaiknya gunakan air teh sebagai air mandi Anda. Rendam beberapa kantong teh dalam ember dan diamkan 20 menit. Semakin lama teh direndam, maka asam tannic akan terkumpul semakin banyak. Gunakan air ini untuk mandi, kemudian bilas.

4. Campur teh dengan susu, kemudian oleskan pada area kulit yang terbakar.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com