Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/03/2013, 12:21 WIB

T:
Saya mempunyai kesulitan untuk menemukan pasangan. Saya termasuk orang berkepribadian introver. Setiap saya menyukai seseorang, hasilnya selalu tidak sesuai harapan. Pergaulan saya juga kurang luas. Saya juga merasa minder karena selama ini saya tidak bekerja. Bagaimana mengatasi kondisi semacam ini? Terimakasih. (Astutik, 24)

J:
Mbak Astutik yang luar biasa,
Saya bisa merasakan apa yang Anda rasakan saat ini. Dan saya juga bisa merasakan keinginan kuat Anda untuk berubah, menjadi seorang Astutik yang percaya diri dan menemukan sang pujaan hati.

Satu hal yang perlu Anda sadari, bahwa tidak ada yang salah menjadi seorang introver. Karena baik pribadi introver maupun ekstrover masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Yang menjadi masalah besar di sini sebenarnya bukanlah introver dan kurangnya pergaulan, tetapi lebih kepada rasa kurang percaya diri Anda. Jadi, apa yang perlu Anda lakukan agar Anda bisa mencapai keduanya?

Pertama, kenali kelebihan yang Anda miliki dan patut Anda syukuri. Yang dimaksud dengan kelebihan di sini, bukan sama sekali dari segi fisik, pendidikan, apalagi materi. Tetapi, lebih kepada hal positif apa sajakah yang Anda miliki selama ini? Jika Anda merasa kesulitan menemukannya, jawablah pertanyaan ini, ”Apa sajakah yang orang lain sukai dari diri Anda?”

Setelah itu, kenali juga kekurangan diri Anda. Untuk mengenal apa saja kekurangan Anda saat ini, Anda bisa menemukannya dari pertanyaan ini, ”Hal apa sajakah yang selama ini dari diri Anda yang kurang atau tidak disukai oleh teman-teman Anda?" Misalnya, Anda mudah tersinggung saat mendapatkan masukan dari orang lain, Anda rendah diri atau minder, dan seterusnya.

Kedua, apa yang membuat Anda tidak bekerja selama ini? Apakah karena belum diterima di perusahaan yang Anda inginkan? Jika memang demikian, apa yang perlu Anda lakukan agar bekerja?

Hal yang perlu kita sepakati di sini adalah yang namanya bekerja itu tidak berarti harus menjadi karyawan sebuah perusahaan, bukan? Jika Anda mau memulai untuk berwiraswasta melalui toko online itu sudah termasuk bekerja, bukan? Anda bahkan bisa menciptakan sebuah pekerjaan dari sebuah hobi yang Anda cintai.

Perluaslah pergaulan Anda, tentunya dengan orang-orang yang positif. Anda bisa melakukannya dengan bergabung sebuah komunitas di mana Anda dan mereka bisa saling berbagi manfaat.

Jika Anda mempunyai hobi menulis, atau bahkan kerajinan tangan sekali pun, maka lakukanlah. Mulailah dari yang paling sederhana, dan Anda pasti bisa. Buatlah sebuah website gratis seperti wordpress atau kompasiana, dan tampilkanlah karya Anda di situ. Biarkan orang di seluruh dunia ini menikmati hasil karya Anda.

Ketiga, syukuri setiap apa pun yang Anda miliki. Syukuri setiap kebaikan yang Anda dapatkan setiap hari. Syukuri setiap kebaikan yang bisa Anda lakukan selama ini. Dan syukuri setiap pencapaian yang Anda raih, sekecil apa pun.

Tingkatkan wawasan Anda baik melalui buku bacaan, majalah, koran, internet maupun radio dan televisi. Bergabunglah dengan media sosial dan bangunlah komunikasi positif dengan teman-teman Anda di sini. Anda bisa menggunakan Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Selamat melangkah dan menjadi seorang Astutik yang luar biasa!

Ainy Fauziyah, CPC
Leadership Coach & Motivator
Penulis buku best seller "Dahsyatnya Kemauan"
www.ainyfauziyah.com
www.ainymotivationclass.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com