Kamis, 23 Oktober 2014
Olahan Bumbu untuk Sisa Telur Paskah
Sabtu, 30 Maret 2013 | 11:06 WIB
|
Share:
FOOD NETWORK

Jangan buang sisa telur Paskah Anda. Buat saja topping dari aneka macam bumbu.

KOMPAS.com - Punya sisa telur yang habis dihias anak-anak untuk acara Paskah? Bingung bagaimana menghabiskan telur sebanyak itu?

Tenang, Anda bisa mengolah sisa telur tersebut dengan berbagai macam olahan bumbu. Anda bisa menjadikannya lauk untuk teman makan nasi, maupun untuk finger food dan hidangan ringan lainnya. Pilih saja bumbu ala Indonesia atau Barat.

Telur balado. Ini masakan yang paling gampang, namun sangat menggugah selera. Anda bisa menggunakan telur rebus, atau telur ceplok, lalu membumbuinya dengan bumbu balado. Bumbunya hanya cabai merah, bawang merah, tomat, daun jeruk, dan asam jawa.
Telur bumbu petis. Untuk hidangan ala Jawa Timuran ini Anda membutuhkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit, temu kunci, jahe, santan petis ikan atau udang, dan cabai rawit.
Semur telur. Ini juga mudah membuatnya, meskipun bumbunya lebih banyak. Siapkan bawang merah, bawang putih, tomat, daun salam, jahe, kemiri, ketumbar, jintan, cengkeh, kayumanis, pala bubuk, dan tentunya kecap.
Kari telur. Masakan kari yang kaya bumbu juga dikenal dengan nama gulai. Bumbu kering yang dibutuhkan antara lain kunyit atau biji ketumbar. Sedangkan bumbu basahnya jahe, bawang putih, sereh, dan cabai, yang diulek menjadi satu. Lalu tambahkan santan. Tak ingin repot, beli saja bumbu kari yang sudah jadi.
Telur bacem. Bumbunya seperti bumbu bacem biasa, yaitu air kelapa, gula merah, kecap manis, daun salam, lengkuas, bawang merah, bawang putih, dan ketumbar.
Salad. Anda tidak perlu membumbui telur rebus ini, tinggal tambahkan saja ke dalam salad sayuran Anda, yang terdiri atas selada, tomat, mentimun, kentang, atau irisan daging asap. Ingin tambahan rasa, tuang sedikit olive oil.
Telur bumbu manis-pedas. Anda tinggal mencampurkan mustard yang diberi tambahan cabai rawit dan mayones.
Sandwich. Irisan telur rebus bisa diselipkan ke dalam roti yang sudah diberi isi keju, tomat, atau selada.
Tomat isi. Buang bagian dalam tomat, dan gantikan dengan irisan telur rebus untuk hidangan pembuka. Tambahkan juga tuna, mayones, bawang putih, dan peterseli.  
Telur empat bumbu. Beri topping yang berbeda-beda pada telur rebus yang tersaji di atas piring, misalnya rajangan paprika, bacon, asparagus, atau daun-daunan aromatik lainnya. 
Canape telur dan salmon asap. Potong-potong roti tawar putih atau gandum, lalu tuangi bumbu yang terbuat dari mayones, telur cincang, dan rajangan acar mentimun. Lalu beri topping salmon asap. 
Pizza telur. Gunakan roti pizza siap pakai atau burger bun (roti burger), lalu tambahkan bumbu yang terbuat dari irisan telur rebus, tomat, dan mozzarella. Panggang di dalam oven.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Penulis :
Felicitas Harmandini
Editor :
Dini
BERITA LAIN: