Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2013, 22:47 WIB

KOMPAS.com - Berolahraga saat perut lapar jelas tidak mengenakkan. Bila dipaksakan justru bisa menyebabkan kram dan kurang bertenaga. Makan berat pun rasanya juga tidak membuat perut terasa lebih nyaman. Makanya kemudian ada yang menyiasati dengan minum air lebih banyak. Namun yang lebih penting, sebenarnya ada beberapa makanan ringan atau snack yang bisa jadi pilihan.

Pertama, pisang. Ini bisa dibilang sebagai makanan ringan yang sangat baik sebagai pre-workout snack. Kandungan serat, gula, dan karbonya membuat tubuh tetap bugar selama melakukan aktivitas. Selain itu, pisang mudah dicerna juga. Hanya saja salah satu masalahnya kadang kita bosan dengan rasa manisnya.

Kedua, snack bar, cemilan berbentuk batangan yang biasanya terdiri atas kacang dan rasa buah. Beberapa snack bar ada yang sehat dan baik untuk tubuh. Takarannya tidak usah terlalu banyak. Satu saja juga cukup sebelum berolahraga. Ada baiknya mengonsumsi dengan tambahan air putih biar lebih nyaman.

Ketiga, smoothies atau minuman dari beberapa campuran buah, tapi jangan yang terlalu berat. Tidak harus penuh dengan buah, sayur, protein, dan kacang. Pilihannya bisa dengan pisang dan air, lalu ditambah sedikit madu. Kalau mau variasi, tambahkan dengan buah blueberry. Salah satu kombinasi yang biasanya baik antara buah berry, madu, serta yogurt.

Terakhir, sebagai pilihan keempat, buah alpukat. Makan buah alpukat cukup membuat perut bisa bertahan selama berolahraga. Rasanya juga enak karena ada sedikit manis yang dikandungnya. Seratnya pun mudah dicerna, sehingga lebih menyehatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com