Jumat, 25 Juli 2014
Sehari, Cuma Ngemil Kacang Rebus dan Rujak
Rabu, 10 April 2013 | 20:16 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Kacang rebus kaya akan protein dan lemak, tapi cukupkah untuk kudapan selama seharian

T:
Saya mengonsumsi suplemen diet yang katanya bisa membakar lemak dan menahan nafsu makan. Kemudian saya sangat menjaga asupan. Misalnya saya hanya makan segenggam kacang rebus atau sepiring rujak tanpa bumbu gula jawa. Tapi saya minum sekitar 2 liter per hari. Cukupkah gizi saya? Saya tidak merasa lapar ataupun lemas. Sebaliknya saya lebih bugar dibanding kalau tidak mengonsumsi suplemen tersebut. (Atik, 40)

J:
Dear Atik….
Jika melihat data yang Atik berikan, agak sulit bagi saya untuk menilai apakah asupan harian Atik sudah mencukupi kebutuhan tubuh atau tidak. Saya masih membutuhkan data berat badan, tinggi badan, kegiatan yang biasa dilakukan, dan juga pola makan sehari-hari untuk mengetahui berapa kebutuhan energi per harinya.

Mengenai suplemen diet yang digunakan, juga tidak dijelaskan apa saja kandungan dari suplemen tersebut. Jika Atik hanya makan satu genggam kacang rebus ditambah rujak buah tanpa gula, saya perkirakan jumlah kalori paling banyak sekitar 500-600 kkal. Air putih yang dikonsumsi sebanyak 2 liter/hari tidak mempunyai nilai kalori.

Dalam kondisi diet jika menggunakan metode diet rendah kalori, dianjurkan sekitar 1000-1200 kkal. Nah, menurut saya jika Atik hanya mengonsumsi makanan seperti yang disebutkan, tentu saja kurang bagi kebutuhan tubuh.


Editor :
Dini
BERITA LAIN: