Selasa, 2 September 2014
Trik Membuat dan Menyajikan Agar-agar
Kamis, 11 April 2013 | 15:48 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Puding tahu dibuat dengan menggunakan banyak cairan supaya pudingnya lembut seperti tahu.

KOMPAS.com - Puding biasanya dimakan dalam keadaan dingin sebagai hidangan penutup setelah makanan utama. Selain dibuat puding cokelat atau puding susu, ternyata banyak kreasi yang bisa dibuat dari sebungkus agar-agar bubuk. Asal... Anda tahu ukuran cairan yang digunakan agar hasilnya tidak mengecewakan. Mau trik membuat puding? Ini dia.

* Sebelum dipakai, wadah untuk puding sebaiknya dibasahi dulu dengan air matang, agar puding mudah lepas dari wadahnya.
* Rebus air, gula, dan agar-agar sekaligus. Memasukkan agar-agar bubuk saat air sedang panas akan membuat puding menggumpal.
* Jika campuran puding berupa jus buah, sebaiknya jus dicampur setelah agar-agar mendidih. Jika jus buah dimasak bersama agar-agar bubuk, maka hasilnya puding tidak akan mengeras.
* Jika campuran puding terdiri atas susu dan sari buah (cocktail), masaklah susu lebih dulu dengan agar-agar bubuk sampai mendidih, kemudian baru campurkan air cocktail-nya. Kalau air cocktail dicampur sejak awal, susu akan pecah.
* Jika menggunakan kuning telur, sebaiknya tidak dimasak bersamaan dengan agar-agar, karena kuning telur akan matang dan menimbulkan bercak-bercak seperti serabut. Sebaiknya campur kuning telur dengan sedikit agar-agar panas, aduk hingga rata, baru dicampur ke agar-agar mendidih.
* Bila campurannya putih telur, kocok dulu hingga kaku, baru campurkan ke agar-agar yang sudah tidak terlalu panas. Dengan demikian, agar-agar dan putih telur akan tercampur rata.
* Agar-agar yang terlanjur mengeras sebelum dipakai bisa dicairkan kembali dengan jalan di-tim. Atau dimasak ulang dengan tambahan sedikit air matang dan aduk sampai mencair kembali.

Untuk menyajikan agar-agar, ada beberapa cara yang bisa Anda coba:
Agar-agar serut

Untuk membuat agar yang diserut, pastinya dibuat lebih padat. Gunakan 500 ml air untuk sebungkus agar-agar bubuk. Setelah direbus sampai mendidih, adonan dicetak lalu dibekukan. Sekarang, agar-agar dapat diserut untuk es campur atau untuk es sarang burung. Oh ya, jangan lupa gunakan agar-agar aneka warna, supaya lebih menarik.

Baby pudding
Baby puding  disebut juga puding tahu, dibuat dengan menggunakan banyak cairan. Tujuannya supaya pudingnya lembut seperti tahu. Karena itu puding tahu tidak dapat dicetak. Setelah dimasak sampai mendidih, adonan dituang ke pinggan tahan panas atau mangkuk hidang, dan dibekukan dalam lemari es. Saat penyajian, tambahkan fruit cocktail di atasnya. Untuk puding tahu gunakan 1500 ml sampai 1800 ml susu cair untuk sebungkus agar-agar.

(Erwin Kuditawati/Klub Nova)

 


Editor :
Dini
BERITA LAIN: