Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/04/2013, 23:03 WIB

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, perancang busana muslim Ida Royani (60) berkolaborasi dengan dua putrinya, Jenahara (27) dan Faradina Nasution (35). Ketiganya menjadi perancang yang membuka show di hari ketiga Kemang Fashion Week, yang berlangsung di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (12/4/2013) lalu.

"Ini kali pertama kita tampil bersama dalam satu show," ujar Ida, yang sebelumnya hanya bekerjasama dengan Jenahara untuk salah satu label busana, yaitu Jenahara by Ida Royani.

Ketiganya ambil bagian dalam sesi pagelaran bertajuk "Hijabers Style". Kata Ida, koleksi hijab yang kasual dengan warna-warna mono seperti hitam dan merah, merupakan koleksi lamanya. Dia tidak membuat koleksi baru karena permintaan untuk show yang cukup dadakan.

Koleksi Ida menggunakan bahan tenun Nusa Tenggara Timur. Dikatakannya, sebagai salah satu perancang busana muslim dia sudah cukup lama berkiprah dan punya gaya desain tersendiri.

"Saya melihat apa yang menjadi tren sekarang sebenarnya sudah pernah saya desain 30 tahun yang lalu, jadi kadang ada yang bilang kalau saya bergaya muda," ujarnya berseloroh.

Tetapi di luar itu, ia mengikuti juga tren atau yang diminati oleh publik untuk bisa menghasilkan desain baru.

Faradina dan Jenahara menimpali, meski kerap berhubungan dengan rancangan ibu mereka, soal desain mereka memilih jalur berbeda. Misalnya dari pengembangan kreasi mode dan aksen.

"Tapi yang saya tampilkan di sini tidak punya tema khusus, lebih ke koleksi saya yang smart casual," ujar Faradina.

Jenahara menuturkan kalau dirinya optimistis untuk memilih jalur sebagai perancang busana muslim, karena yakin kelak Indonesia bisa  menjadi kiblat busana muslim bagi dunia fashion internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com