Minggu, 23 November 2014
Habis Olahraga Boleh Langsung Makan?
Senin, 15 April 2013 | 09:24 WIB
|
Share:
SHUTTERSTOCK

Setelah berolahraga, sebaiknya Anda langsung makan sebelum 30 menit pertama.

KOMPAS.com - Banyak orang yang punya niat berolahraga untuk membantu proses penurunan berat badannya dengan cepat. Tak salah sebenarnya, hanya saja cara ini berakibat pada kesalahan persepsi Anda tentang pembakaran kalori dari olahraga dan makanan yang disantap.

Salah satunya adalah adanya anggapan bahwa setelah selesai berolahraga, Anda tidak boleh menyantap apa pun karena justru akan memasukkan kembali kalori ke dalam tubuh.

"Dengan olahraga, orang berharap bahwa mereka bisa membakar kalori. Maka mereka berpikir, olahraga yang dilakukan akan sia-sia ketika mereka makan lagi setelah olahraga," jelas Arie Wijayanti, Product Specialist Nike Indonesia saat peluncuran Nike "Free Your Run" di Pulau Macan, Kepulauan Seribu, beberapa waktu lalu.

Arie mengungkapkan bahwa perilaku dan anggapan seperti ini tidaklah tepat. Justru sebaliknya, ia menyarankan untuk tetap menyantap beberapa camilan sehat seperti cokelat, edamame, telur rebus, dan lain-lain beberapa saat setelah berolahraga. Camilan ini berfungsi untuk memulihkan energi dan stamina Anda untuk melanjutkan aktivitas selanjutnya.

Untuk membakar kalori, pergerakan tubuh juga membutuhkan energi dari cadangan makanan yang ada dalam tubuh. Ini sebabnya, mengapa Anda merasa lelah saat berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat. Untuk mengembalikan energi, Anda harus mengembalikan cadangan makanan yang ada dalam tubuh dengan mengonsumsi beberapa varian makanan.

"Tak perlu takut makanan yang disantap ini akan menumpuk kembali ke dalam tubuh. Karena sebenarnya, selama 30 menit setelah olahraga, tubuh masih bekerja untuk membakar kalori tubuh. Sehingga kalori makanan yang disantap setelah olahraga ini bisa terbakar, namun Anda tetap mendapatkan energi untuk beraktivitas dan olahraga Anda tidak akan sia-sia," ungkap Arie.

Lalu apa yang terjadi jika Anda kembali makan setelah berolahraga, atau menunda makan sampai makan siang? Olahraga seharusnya membakar kalori dari lemak tubuh. Ketika lemak tubuh sudah habis dan Anda tidak mengisi tubuh dengan makanan setelah olahraga, maka tubuh akan mulai menyerap protein dari massa otot. Berat badan memang akan terlihat mengalami penurunan, namun Anda justru merasa sangat lemas. Selain itu, tubuh Anda juga tidak akan kencang karena massa otot sudah tergerus.

Sedangkan, jika Anda menunda makan (melewati batas maksimal 30 menit setelah olahraga) maka kalori makanan tidak akan terbakar sempurna dan banyak mengendap di lipatan kulit.


Penulis :
Christina Andhika Setyanti
Editor :
Dini
BERITA LAIN: