Senin, 1 September 2014
Kemang Fashion Week
Inspirasi Pria Italia Buat Ivan Gunawan
Senin, 15 April 2013 | 09:34 WIB
|
Share:
KOMPAS.COM/RAI RAHMAN INDRA

Koleksi Ivan Gunawan (foto 1, 2) dan Barli Asmara (foto 3, 4) yang ditampilkan dalam sesi "Spring Love" di Kemang Fashion Week, Lippo Mall Kemang, Jakarta, Jumat (12/4/2013).

KOMPAS.com - Ide atau gagasan itu bisa datang dari mana saja, termasuk dari suatu perjalanan. Bagi Ivan Gunawan, Italia memberikannya satu ide yang menginspirasi lahirnya koleksi baru khusus busana pria yang ia beri tema "The Gentlemen".

Koleksi rancangan itu ia tampilkan dalam gelaran Kemang Fashion Week, yang berlangsung di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Jumat (12/4/2013) lalu. Selain memperagakan 12 outfit untuk pria, turut juga enam busana wanita.

Rancangan busana pria Ivan seperti halnya gaya berbusana pria yang flamboyan dan gagah. Aplikasi warna-warna cerah pastel menjadikan koleksi ini berbeda dengan variasi merah muda atau dusty pink, ungu muda, hijau pucat/lime green, abu-abu, dan kuning. Hampir tak ada warna gelap yang ditampilkan Ivan dalam koleksinya kali ini. Meski berkesan menggoda, tapi toh tetap maskulin.

Selain penggunaan warna, Ivan memberi detail kesan preppy pada jaket yang dipadupadankan dengan celana slim cut atau celana capri. Gaya flamboyan juga tercermin pada kaus turtleneck bermotif floral.

Untuk koleksinya ini Ivan menggunakan bahan-bahan dari linen, katun, lycra, dan jersey. Sekilas semua rancangan mengekspresikan selera personal yang necis.

Untuk busana wanitanya, ada gaun-gaun panjang berdada rendah dengan warna-warna berani seperti kuning, biru, hijau terang, yang melambai jatuh tanpa struktur korset di atas bahan ringan. Ada juga gaun panjang konstruktif dan terusan terbuka setengah bahu dengan rok berbelahan tinggi.

Spring Love
Sesi "Spring Love" yang menampilkan koleksi The Gentlemen juga memamerkan koleksi Barli Asmara untuk label May and June. Mengangkat tema "Flower Serenade", koleksi Barli membawa nuansa segar dengan motif bunga-bunga mekar dengan bahan silk dan chiffon.

Selain itu ada juga beberapa potongan cocktail dress, tank top dengan hot pants, serta jubah yang jatuh melambai. Barli menampilkan koleksinya dengan aksesori topi yang menutupi kepala bermahkota.

Ivan dan Barli menjadi show penutup Kemang Fashion Week hari ketiga, Jumat (12/4/2013). Kemang Fashion Week "Diva Glam" merupakan peragaan fashion akbar yang digelar oleh Lippo Mall Kemang selama lima hari berturut-turut, dari 10-14 April 2013. Event ini menampilkan total 33 desainer Indonesia, 24 international brand, dan 150 model yang akan meramaikan dua fashion runway, yaitu di Avenue of The Stars dan Atrium Lippo Mall Kemang.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Penulis :
Rahman Indra
Editor :
Dini
BERITA LAIN: