Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/04/2013, 22:19 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak sekali hidangan yang bisa dibuat dari tanaman di halaman rumah. Satu buah tomat saja, misalnya, bisa dikreasikan menjadi tiga produk berbeda. Jika Anda menanam tomat dan mendapati tomat sayur yang berukuran besar, ini saatnya berkreasi.

Pertama, kita bisa menjadikannnya cemilan sun dried tomato. Orang-orang menyebutnya tomat yang dikeringkan di bawah sinar matahari, tapi sebagai alternatif taruh saja irisan tomat di atas oven yang hangat.

Dalam prosesnya, iris tipis daging tomat, seperti halnya mengiris ayam atau ikan. Lalu blender daging tomat tersebut, dan masak dengan api sedang. Lalu hangatkan.

Kedua, tomat bisa dijadikan sup. Atau dijadikan cemilan sebagai permen loli dari olahan bijinya.

Produk ketiga yang bisa dikembangkan dari tomat adalah mengolahnya menjadi selai tomat. Prosesnya sama, masukkan ke dalam panci setengah kilogram gula dan satu kilogram tomat (perbandingannya 1:2). Panaskan, lalu aduk. Beri lemon pada tahap akhir, maka jadilah selai tomat. Rasa selai tomat terasa seperti selai stroberi.

Seperti disampaikan Chef Deden Gumilar dari The Park Lane Hotel, semua bahan olahan tomat ini bisa dimasak menjadi bernutrisi dan sehat tanpa pengawet.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com