Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2013, 17:37 WIB

KOMPAS.com - Kain batik bercorak tenun, bisa dibilang sebagai pijakan dasar dirilisnya koleksi baru yang diberi tajuk "Treasure of Toraja" oleh Alleira Batik. Kali ini corak khas dari Tana Toraja menjadi fokus yang disodorkan bagi para pecinta batik, khususnya Alleira, di Indonesia.

"Koleksi terbaru ini merupakan sebuah terobosan dengan memanfaatkan motif khas tenun Toraja ke dalam torehan sunting batik," ujar Annisa Pohan, Brand Ambassador Alleira Batik, saat peluncuran di Lamoda Cafe, Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Ada total 45 outfit yang dirlis dengan 30 busana untuk dewasa, dan 15 untuk anak-anak.

"Salah satu ciri dari corak Toraja adalah ornamennya yang besar-besar dibanding daerah lain," ujar Anita Asmaya Sanin, Direktur Produksi Alleira Batik.

Sebagai contoh, busana yang dikenakan oleh Annisa hari itu. Siluet dress-nya sederhana, tapi motif yang ada membuatnya tampil beda. Potongan kiri dan kanan cenderung berwarna gelap, sehingga menciptakan ilusi yang langsing untuk Annisa. Lalu di bagian tengah ada motif seperti tanduk kerbau yang dipertajam detail flok di bagian depan.

"Setiap motif tradisi, termasuk Toraja, punya makna. Motif tanduk kerbau ini sedikit berkisah soal kasta dari suku Toraja, bahwa makin makmur seseorang kalau dia punya banyak kerbau," papar Annisa.

Dalam peluncuran motif baru ini, Alleira Batik bekerjasama dengan PermataBank. Rustini Dewi, Head Segment & BIU PermataBank, menuturkan adanya diskon khusus sebesar 30 - 50 persen bagi nasabahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com