Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/04/2013, 22:47 WIB

KOMPAS.com - Dalam setiap momen dan aktivitasnya, perempuan ingin terlihat selalu cantik. Sayangnya, tidak semua perempuan memiliki kulit wajah yang sehat, putih, dan mulus. Kulit wajah yang tidak mulus menyebabkan riasan wajah jadi tak merata, sehingga mengganggu penampilan. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan foundation atau alas bedak terlebih dulu.

"Foundation memang berguna untuk membuat kulit terlihat halus dan putih. Namun peran yang paling penting adalah bisa membuat tampilan make-up lebih rata dan menempel lebih lama di kulit," ungkap Titi Retno, Make-up Specialist Ristra saat talkshow "ILUNI UI Peduli Terhadap Peran Perempuan" di Severeign Plaza, Jakarta Selatan, Rabu (24/4/2013) lalu.

Meski demikian, memakai foundation bukanlah jaminan mutlak untuk membuat dandanan Anda terlihat lebih maksimal dan merata. Masalahnya, masih banyak orang yang salah cara memakainya. Titi mengungkapkan, banyak perempuan yang hanya asal pakai, asal gosok, dan asal warna foundation-nya terlihat rata di kulit. Dengan cara pakai yang seperti ini, dijamin make-up Anda akan terlihat belepotan di beberapa bagian.

Dengan asal menggosok atau mengusap foundation ke segala arah, rambut-rambut halus yang ada di wajah ini akan menjadi tak teratur. Teksturnya yang tidak rata akan membuat make-up tidak menempel sempurna ke kulit wajah.

Sedikit berbagi tip dandannya, Titi mengungkapkan bahwa saat memakai foundation, Anda harus mengoleskannya satu arah dari atas ke bawah. Misalnya, oleskan foundation dari arah pipi menuju ke rahang satu arah.

"Gerakan olesan ke arah bawah ini akan membantu 'menidurkan" rambut halus di wajah. Pengolesan searah tumbuhnya rambut ini  juga akan membantu menyamakan struktur kulit wajah. Akibatnya foundation benar-benar menempel pada kulit, bukan pada rambut halusnya," sarannya.

Untuk mendapatkan pulasan foundation yang merata, ia juga menyarankan untuk tidak mengoles dengan tangan. Menurutnya, olesan foundation ini akan terlihat lebih alami dan warnanya sama rata jika dioles dengan kuas kosmetik yang halus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com